Tiga Pleton Polisi Latihan Pengendalian Massa Jelang Pilkada Kediri 2024

, Jurnal – Kasatsamapta Kota Iptu Priyo Hadistyo memimpin latihan pengendalian (dalmas) Kediri 2024 yang digelar 27 November.

Latihan dilaksanakan di lapangan Polres setempat Rabu (7/8/2024) siang. Para personel terbagi menjadi tiga regu yaitu Peleton Negosiator, peleton Dalmas Awal serta Kompi Dalmas Lanjut.

Berbekal peralatan dalmas di tengah terik matahari, para personel tampak semangat menjalani latihan. Mereka juga antusias mengikuti arahan instruktur.

Priyo mengatakan bahwa dilaksanakan guna kesiapan Operasi Mantap Praja 2024 serentak 2024.

“Personel yang terlibat diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dalmasnya. latian ini terdiri dari 2 sesi yaitu teori serta praktek formasi dalmas,” kata Priyo.

Proyo juga menjelaskan bahwa tujuan utama pengendalian massa adalah melindungi massa pengunjuk rasa sesuai dengan Pasal 3 Perkap nomor 16 tahun 2006 tentang Pengendalian Massa.

“Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap kelompok masyarakat yang menyampaikan pendapat di depan umum,” ujarnya.

Menurutnya, selain sebagai sarana peningkatan kemampuan, para personel juga dapat melatih fisik serta memupuk mental yang stabil dalam latihan tersebut.

“Ini agar dapat mengendalikan diri dalam menghadapi massa pengunjuk rasa nantinya,” ujarnya.

menegaskan latihan dalmas akan terus dilaksanakan sebagai wujud kesiapan Operasi Mantap Praja 2024 yang semakin dekat.

“Diharapkan mampu memberikan rasa nyaman dan aman kepada nasyarakat diwilayah hukum Polres Kediri Kota dalam menatap tahapan Pilkada Serentak 2024,” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .