Ternyata, Ini Biang Kerok Inflasi di Kabupaten Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Indeks Perkembangan (IPH) di Kabupaten Jombang sempat cukup tinggi yakni sekitar 2,9, persen dan salah satu komoditas penyumbang inflasi adalah .

Beras yang menjadi biang kerok inflasi itu memang terpantau harganya mahal. Hal itu diketahui saat Pj Jombang, Sugiat blusukan di , Kelurahan Kaliwungu kabupaten setempat, Selasa (20/2/2024).

Sugiat turun langsung ke pasar tradisional tersebut bersama Tim , Tim Pengendali (TPID) Kabupaten Jombang dan Kepala Pimpinan Cabang Bulog Surabaya Selatan, Rusli.

Dari pantauan di Pasar Pon Jombang, cukup bervariasi, berada dikisaran mulai harga Rp14.000 per kg hingga sampai Rp16.000 per kg untuk yang premium.

“Kita gerak cepat melakukan intervensi dengan menggelar operasi pasar beras SPHP (stabilisasi pasokan dan ),” kata Sugiat, Selasa (20/2/2024).

Operasi Pasar di Pasar Pon disiapkan Beras sebanyak 2 ton dengan harga 10.200/kg, gula 50 kg harga Rp16.000. Minyakita kemasan bantal 60 liter harga Rp13.500 dan Minyakita pouch 60 liter harga Rp15.000.

Selain menggelar operasi pasar, dikatakan Sugiat, juga akan mendirikan Warung TPID yang diinisiasi TIM TPID bernama BESUT.ID (Bedhak Stabilisasi untuk Tekan Inflasi Daerah).

Langkah konkret itu bertujuan menekan inflasi di Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Aneka Usaha Seger, juga Bulog untuk menjual beras SPHP.

“Selain para pedagang, masyarakat nantinya juga bisa membeli langsung beras di Warung TPID,” ujar kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Binda) Sulawesi Barat ini.

Sugiat mengatakan, didirikannya Warung SPHP di Pasar Pon tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat juga pedagang untuk membeli beras harga murah.

Beras Bulog SPHP harga beli dari Bulog Rp10.200/kg. Pedagang bisa menjual dengan harga eceran Rp10.900/kg dalam kemasan 5kg.

“Yang pasti dari kegiatan ini, akan terus kita lakukan evaluasi agar dapat berjalan efektif, tepat sasaran juga dapat menekan laju inflasi. Yang terpenting masyarakat tidak perlu panik, yakin Bulog selalu SIGAP, ketersediaan beras aman harga juga stabil, Tim Satgas Pangan dan TPID akan terus mengedukasi,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com