Kuota Calon Jemaah Haji 2024 untuk Jombang 1.122 Orang, Pelunasan Biaya Bisa Dicicil

Jombang, – Kuota keberangkatan Calon Jemaah (CJH) Jombang tahun 2024 berjumlah 1.122 orang dan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) bisa dicicil mulai dari sekarang.

Jadwal pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) dibuka mulai 9 Januari 2024, sesuai intruksi Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Untuk itu calon jemaah haji yang akan berangkat menunaikan rukun islam kelima tahun ini harus segera menyiapkan pelunasan.

Kepala Kantor () Jombang Muhajir menyampaikan, jumlah kuota calon jemaah untuk keberangkatan 2024 sudah turun.

”Ya by name by address sudah turun. Jumlahnya untuk CJH Jombang 2024 1.122,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (6/1/2023).

Ia mengakui, jumlah kuota diturunkan lebih dulu. Hal itu menyusul kebijakan Kementerian Agama yang memperbolehkan jemaah calon haji melakukan pelunasan BPIH dengan dicicil atau diangsur.

”Jadi mengaca pada pengalaman haji sebelumnya, ada banyak jemaah yang tidak melakukan pelunasan karena masalah dana. Akhirnya untuk memudahkan jemaah, Gus menteri agama memperbolehkan pelunasan BPIH,” ujarnya.

Menindaklanjuti turunnya aturan tersebut, Muhajir mengungkapkan pihaknya sudah mengumpulkan jemaah yang berhak melakukan pelunasan haji 2024 di kantor Kemenag Jombang.

Pihaknya juga sudah menyosialiasikan terkait kebijakan mengangsur BPIH. ”Sudah kita kumpulkan dan kita sosialisasikan langsung kemarin,” ujar mantan Kepala Kemenag Tulungagung ini.

Lebih lanjut Muhajir mengemukakan pelunasan BPIH sudah dapat dilakukan oleh masing-masing CJH.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan penerima setoran BPIH agar melayani CJH yang ingin melakukan pencicilan biaya haji.

”Jadi misalnya dia punya dana berapa langsung taruh saja di bank. Tidak harus diluniasi total,” kata Muhajir.

Kendati begitu, pria berkacamata tersebut menegaskan hingga kini Keputusan presiden (Keppres) terkait besaran BPIH belum turun. Sehingga nominal BPIH Jombang belum diketahui.

”Masing-masing daerah beda. Kita belum bisa memastikan karena keppres belum turun,” pungkas pria asal ini.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com