Cerita Sutomo Saksikan Angin Puting Beliung Rusak Rumahnya di Jombang

Jombang, Jurnal JatimSutomo (60), warga warga RT 14, RW 03, Dusun Dongeng, Jarak Kulon, Jogoroto, Jombang, tak bisa berbuat banyak saat menyaksikan bangunan rumahnya diterjang angin , Rabu (16/3/2022). 

Saat kejadian berlangsung, atap pada bagian utama bangunan milik Sutomo yang ditempati bersama istrinya, Sulianah (60) terbang hingga 20 meter.

Rumah Sutomo dibangun dengan bantuan bedah rumah pada 2013. Pada bangunan utama menggunakan atap galvalum. Teras beratapkan asbes, sedangkan beratapkan genting tanah liat.

Kondisi rumah milik pasutri kakek-nenek itu kini tampak melompong karena atapnya hilang. Bagian atap yang tersisa hanya ada di bagian teras dan dapur.

Pemilik rumah Sutomo, menuturkan, datang dari arah timur laut bersamaan dengan turunnya hujan, sekitar pukul 15.00 WIB. Angin itu berputar-putar lalu menerjang rumahnya dan beberapa rumah sekitar.

Saat kejadian, Sutomo yang awalnya berada di dalam rumah berpindah ke teras. Ia pun hanya bisa menyaksikan atap rumahnya terbang disapu angin puting beliung.

“Angin puting beliung. Warnanya putih, datangnya dari arah sana (timur laut), itu bersamaan dengan hujan lebat,” katanya.

Jarak Kulon, Ikhwan Muslimin mengungkapkan, angin puting beliung menyebabkan 4 rumah warga . Dua rumah rusak parah, 2 rumah rusak ringan.

“Rumah yang rusak parah ada 2 rumah. Salah satunya rumah Pak Sutomo ini,” kata Ikhwan.

Angin puting beliung juga terjadi di wilayah Desa Menganto, Kecamatan . lokasinya berdekatan dengan wilayah Dusun Dongeng, Desa Jarak Kulon.

Kepala Desa Menganto Yunus Ardiansyah mengungkapkan, sejumlah pohon besar di jalan raya desa tumbang dan sempat menutup akses jalan utama antar kecamatan.

“Rumah tidak ada yang rusak, hanya pohon-pohon besar yang tumbang. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa ataupun korban tertimpa pohon,” kata Yunus.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, langsung membersihkan sisa pohon tumbang yang menutup akses jalan. Adapun akses jalan yang sempat terputus, kembali bisa dilalui pengguna jalan.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.