KPU Melantik 15 PPK Bertugas di Pilgub Jatim dan Pilwali Kediri, Segini Honornya

, Jurnal Jatim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik Panitia Pemilihan Kecamatan () untuk bertugas di Pilgub Jatim dan pada Pilkada serentak 2024.

Sebanyak 15 PPK yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh KPU Kota Kediri di ruang Kilisuci Grand Surya Hotel Jalan Dhoho Kota Kediri, Kamis (16/5/2024) pukul 13.30 WIB.

Pelantikan dihadiri Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi, jajaran Komisioner KPU, Kota Kediri, se Kota Kediri, Perwakilan Polri dan .

Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi menyampaikan 15 PPK yang dilantik ini dari 3 Kecamatan di wilayah setempat.

kali ini untuk Pilkada yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri dengan masa kerja mulai 16 sampai 27 Januari 2024,” ucapnya.

Menurut Puspo proses seleksi untuk PPK terbuka dengan evaluasi dan seleksi terbuka. Mereka yang lolos sudah melakukan seleksi mulai dan wawancara dan ditetapkan 15 Mei 2024.

Dari total pendaftar PPK sebanyak 232 orang, yang lolos administrasi 154 orang. Kemudian yang hari ini dilantik sebanyak 15 orang.

“Terdiri wajah lama fifty-fifty dengan rincian Kecamatan Mojoroto yang baru 2 orang, Kecamatan Kota ada 3 orang dan Kecamatan Pesantren yang baru 1 orang,” ujarnya.

Puspo berharap PPK yang baru dilantik bisa melaksanakan tugas sesuai aturan Pilkada dan mengikuti azas dengan tupoksi yang sama.

“Tugas yang paling urgen setelah pelantikan adalah pemutakhiran data pemilih bulan Mei. Dikarenakan, tidak ada peserta bakal calon dari perseorangan secara otomotasi tidak melaksanakan verifikasi faktual,” ujar dia.

Ia menambahkan, terkait honor PPK Pilgub Jatim dan Pilwali Kediri, masih sama dengan Pemilu lalu. Yakni honor Rp2,5 juta untuk ketua KPU dan anggota Rp2,2 juta.

“Kemudian untuk PPS untuk ketua Rp1,5 juta dan anggota Rp1,3 juta. Tapi kalau honor KPPS Rp900 ribu dan petugas sebesar Rp650 ribu,” kata Puspo menutup.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .