Tertua Umur 93 Tahun, 1.150 Jemaah Calon Haji Tuban Diberangkatkan ke Tanah Suci

Tuban, Jurnal – Kabupaten Tuban Jawa Timur mulai persiapkan sebanyak 1.150 jemaah calon haji untuk berangkat ke Makkah pada musim haji tahun ini.

Dari 1.150 Jemaah calon haji tersebut, tertua atas nama Sripa umur 93 asal Bulurejo Rengel dan termuda usia 19 tahun.

Ribuan jemaah itu telah mengikuti Bimbingan Manasik Haji Massal I di Gedung Graha Sandya Selasa (23/4/2024), digelar oleh Kantor Kementerian Agama () Kabupaten Tuban.

Menurut Tuban, Umi Kulsum total sebanyak 1.178 peserta jemaah calon haji mengikuti bimbingan manasik haji massal 1 tersebut.

“Terdiri dari 1.150 jemaah calon haji, 15 orang petugas kloter, 10 Petugas Haji Daerah dan 3 Pembimbing KBIHU,” ujar Umi Kulsum, Rabu (24/4/2024).

Dikatakan Umi, setiap kloter (kelompok terbang) akan didampingi 5 petugas kloter yakni ketua kloter, pembimbing , 1 dokter dan 2 tenaga kesehatan.

Umi berpesan kepada jemaah dan petugas agar senantiasa bersikap sabar. “Petugas harus sabar menghadapi berbagai macam karakter jemaah dan jemaah tidak boleh terlalu ngalem kepada petugas,” pesannya.

Selain itu mantan Kasi Pendma Kemenag Tuban ini mengingatkan pelaksanaan vaksin miningitis yakni sekitar 24 sampai 27 April.

“Lebih dari itu tidak berlaku dan akan mengikuti di kloter lain, sedang estimasi keberangkatan jemaah haji kabupaten Tuban tanggal 12-13 Mei kloter 10, 11 dan 12,” ujar dia.

Untuk diketahui, bimbingan manasik haji itu dihadiri seluruh jajaran pimpinan Kemenag Tuban, Kepala KUA, Ketua KBIHU dan petugas haji. Jemaah mendapatkan 3 materi.

Pertama materi Kebijakan Penyelenggaraan Haji tentang Jemaah Haji oleh Kakankemenag Tuban, materi Alur Perjalanan Ibadah Haji dan Tata Kelola oleh KBIHU Al Islahiyah Tuban KH. Ahmad Ainul Yaqin yang akrab disapa Gus Mad dan dari Dinas Kesehatan Tuban dr. Atik Supraptiningsih menyampaikan materi Kebijakan Pelayanan Kesehatan dan Haji.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .