Skema Pengalihan Arus Jika Ada Penumpukan Kendaraan di Exit Tol Bandar Jombang

Jombang, – Polisi menyiapkan skema pengalihan arus (Lalin) jika terjadi penumpukan kendaraan di exit Tol Bandar pada arus balik yang mulai berlangsung hari ini Kamis, (10/4/2024).

Jombang AKBP Eko Bagus mengatakan, konsentrasi titik saat arus berada di sepanjang Arteri Bandarkedungmulyo Jombang karena dampak dari kepadatan Simpang Mengkreng.

Oleh karena itu, disiapkan skema rekayasa lalu lintas ketika terjadi penumpukan kendaraan di ruas jalan tersebut dengan berkoordinasi bersama , Polres Nganjuk, Dinas Perhubungan dan PT MHI.

Polres Jombang berkoordinasi dengan pihak pengelola Jalan Tol untuk mengalihkan kendaraan dari arah timur atau arah Surabaya untuk keluar di exit Tol bila terjadi kemacetan di Exit Tol Bandar.

“Turun di Exit Tol Tembelang menuju Jalan Raya Wahab Hasbullah, Jalan Brigjen Kretarto, Jalan Cempaka, Jalan Gatot Subroto, Jalan Hasyim Asy'ari, Jalan Raya Cukir, Jalan Raya Blimbing, Jalan Raya Kasemen, ,” kata Eko dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Ia memprediksi, peningkatan volume kendaraan saat arus mudik di Jombang terjadi mulai Rabu (10/4/2024) sore hingga H+2 Idul Fitri, dan arus balik lebaran mulai pada Kamis (11/4/2024).

Kendati begitu, sudah mulai ada peningkatan kendaraan roda empat yang masuk maupun keluar melalui jalan tol Jombang sejak awal Operasi Ketupat Semeru 2024, Kamis (4/4/2024) atau H+1 Idulfitri.

Pada Selasa (9/4/2024) malam, AKBP Eko mengecek sejumlah titik ruas jalan yang dilewati untuk memastikan kelancaran dan balik.

Pengecekan arus mudik salah satunya dilakukan di Simpang 3 Exit Tol Tembelang. Di lokasi itu, volume kendaraan terlihat ada peningkatan.

“Puncak arus mudik di Jombang kami prediksi besok sore hingga H+2. Saat ini kondisi lalu lintas di semua ruas jalan masih lancar,” pungkas dia.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .