50 Pengendara Motor Knalpot Brong Terjaring Razia Polisi di Perbatasan Pacitan-Wonogiri

Pacitan, Jurnal – Satlantas Pacitan menindak tegas yang melintas di perbatasan Pacitan Jawa Timur-Wonogiri Jawa Tengah.

Penindakan tegas itu dilakukan dalam yang dilakukan pada Minggu (21/4/2024). Ada 50 pengendara yang terjaring korps seragam coklat ini.

Polres Pacitan, AKP Nur Rosid, mengatakan, saat itu pihaknya menerima laporan masyarakat adanya komunitas motor luar daerah masuk ke Pacitan dengan menggunakan knalpot brong

“Warga melaporkan karena resah. Lalu kami menindak lanjuti dengan melakukan razia di perbatasan,” ujar Rosid, Rabu (24/4/2024).

Razia tersebut dilakukan secara mendadak untuk memaksimalkan efektivitas. Petugas ditempatkan di beberapa titik strategis di perbatasan Pacitan-Wonogiri.

Tujuannya untuk menghentikan kendaraan yang dicurigai menggunakan knalpot brong tersebut.

“Hasilnya, kami mengamankan 50 kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong. Selain itu, kami juga mendapati beberapa pengendara motor tidak mengenakan ,” kata dia.

Para pengendara yang terjaring razia tersebut kemudian dikenakan sanksi tilang. Kendaraan mereka juga disita dan baru dapat diambil kembali setelah pemiliknya melengkapi surat-surat kendaraan dan mengganti knalpot brong sesuai standar.

Menurut Rosid, penggunaan knalpot brong tidak hanya melanggar aturan , tetapi juga mengganggu kenyamanan dan keselamatan masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya tidak akan segan-segan menindak tegas para pelanggar.

“Penggunaan knalpot brong menimbulkan suara yang mengganggu warga. Selain itu, knalpot brong juga dapat membahayakan keselamatan pengendara dan pengguna jalan lain karena dapat mengganggu konsentrasi,” ujar dia.

Lebih lanjut Rosid mengimbau kepada masyarakat khususnya para pengendara motor, untuk selalu tertib berlalulintas dan tidak menggunakan knalpot brong.

“Marilah kita bersama-sama menjaga keselamatan dan kenyamanan di jalan raya dengan tertib berlalu lintas. Hindari penggunaan knalpot brong karena dapat mengganggu dan membahayakan orang lain,” pesannya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .