Usaha Pengolahan Kelapa di Jombang Kebakaran Hebat Saat Jam Buka Puasa

, – Insiden kebakaran hebat melanda tempat usaha pengolahan kelapa di Brambang Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur. Insiden kebakaran terjadi pada Selasa (19/3/2024) petang saat berbuka .

Untuk dugaan sementara, kebakaran yang menghanguskan usaha milik Sobirin (55) itu dari api pengovenan menyambar bangunan atap.

Kebakaran usaha pengolahan kelapa itu pertama kali diketahui seorang pengguna jalan. Api diketahui sudah membesar dan asap membubung tinggi.

Selanjutnya, kebakaran tersebut dilaporkan kepada pemilik serta diteruskan ke petugas damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Jombang.

“Setelah kami mendapatkan laporan sekitar jam 18.15 WIB, kami langsung menuju lokasi kebakaran tersebut,” kata Komandan Regu , Deni Santoso.

Sebelum petugas pemadam tiba di lokasi, dilakukan upaya pemadaman secara manual, namun, upaya itu gagal. Api bertambah besar membakar seluruh bangunan.

Tidak lama kemudian mobil damkar tiba. petugas langsung menyemprotkan melalui slang. Sekitar satu jam kemudian, api berhasil dijinakkan.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran ini,” ucap  di lokasi kebakaran.

Menurut Deni, petugas sempat kesulitan karena banyak material yang terbakar mengandung minyak kelapa, sehingga api susah dipadampkan.

“Kesulitannya adalah karena mengandung minyak, jadi api masih tetap menyala ketika ditangani. Tadi mengabiskan air tiga tangki,” katanya.

Deni menjelaskan, kebakaran bermula dari adanya proses pengovenan dari kelapa menjadi kopra. Nah saat itu, petugas yang menjaga pulang. Kemungkinan sedang Ramadan dan salat magrib.

“Penjaganya pulang tidak diketahui, akhirnya apinya membesar lalu menyambar ke atap,” katanya.

Lebih lanjut Deni menambahkan, tempat usaha yang terbakar tersebut berukuran ×15 meter. Seluruh bangunan tempat usaha pembuatan kopra itu sudah ludes terbakar.

“Kami melakukan pemadaman, penyisiran untuk menanggulangi supaya tidak terjadi kebakaran ulang. Untuk kerugian ditaksir Rp20 juta,” imbuhnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .