Pemilu 2024 di Jombang, PKB Gagal Penuhi Target, Demokrat Bersyukur Kursi Bertambah

, – Hasil 2024 untuk Jombang sudah terlihat. Ada parpol bersyukur perolehan kursi legislatif bertambah, ada pula gagal memenuhi target.

Di antaranya adalah PKB (). Meski memperoleh suara terbanyak dengan prediksi 12 kursi, namun PKB gagal memenuhi target awal, yakni 17 kursi .

Sementara Demokrat bersyukur dengan perolehan suara meningkat perkiraan 6 kursi legislatif atau bertambah satu kursi dari pemilu tahun sebelumnya.

Sekretaris DPC PKB Jombang Anas Burhani tak menampik perolehan 12 kursi itu meleset dari target awal. Pun begitu, raihan suara pemilu tahun ini naik signifikan.

“Ya, tidak sesuai target kami, 17 kursi. Tetapi dapat 12 kursi sudah sangat bagus. 12 kursi terbanyak dapil 2 dapat tiga kursi sama tambahan  dapil 4 dapat dua kursi,” ujarnya dikonfirmasi, Selasa malam, (5/3/2024).

Ia juga menegaskan, perolehan suara PKB di Jombang juga naik signifikan. Pada pemilu 2019 lalu, disebut Anas, PKB Jombang mendapat sekitar 145 ribu suara, dan pemilu tahun ini perkiraan dapat 180 ribu suara.

Naiknya perolehan suara PKB itu, disebut Anas, tidak lepas dari kerja keras relawan, kader partai, jajaran pengurus PKB mulai tingkat cabang hingga ranting, serta para calon legislatif ().

“Semua kerja keras untuk mendulang suara sebanyak-banyaknya pada pemilu tahun ini, dan alhamdulillah hasil suaranya maksimal,” ujar Caleg Dapil 6 yang diprediksi lolos ke gedung dewan ini.

Sementara itu Ketua DPC Demokrat Jombang Syarif Hidayatulloh bersyukur partai yang digawangi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini diprediksi mendapat 6 kursi untuk DPRD Jombang.  Otomatis, kata dia, suara juga naik.

“Alhamdulillah, InsyaAllah Demokrat dapat 6 kursi, sebelumnya hanya 5 kursi,” ucap Ketua DPC Demokrat Jombang, Syarif Hidayatulloh dihubungi melalui sambungan telepon Selasa (5/3/2024).

Pria yang akrab dipanggil itu menyebut, satu kursi baru diperoleh caleg atas nama M Zahrul Jihat atau Gus Heri dari dapil 1 (daerah pemilihan 1).

“Jadi dari jumlah 6 dapil di Jombang, masing-masing dapat 1 kursi. InsyaAllah Demokrat masuk pimpinan DPRD Jombang,” kata Ketua DPC Pemuda Jombang ini.

Sentot mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mencoblos caleg maupun Partai Demokrat pada pemilu 14 Februari 2024 lalu

“Saya juga sampaikan terima kasih atas perjuangan teman-teman caleg,  seluruh pengurus dan kader partai Demokrat, serta relawan. Mari kita jalankan amanah masyarakat ini dengan baik,” ujar pengasuh asrama Sulaiman Bilqis, Darul Ulum Peterongan Jombang ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com