Operasi Keselamatan di Jombang Mulai Digelar, Cegah Kecelakaan Jelang Ramadan

, Jurnal – Jelang Ramadan 1445 H, Polres Jombang menggelar operasi keselamatan 2024. Operasi dimulai hari ini sampai 14 hari ke depan.

Apel gelar pasukan telah dilaksanakan pada Sabtu (2/2/2024). Diikuti kepolisian, , Dishub, Satpol PP, Komunitas kendaraan bermotor, Pengusaha angkutan, Organda, Komunitas Ojol serta pelajar dan mahasiswa.

Selama Operasi Keselamatan, sebanyak 138 diterjunkan. Adapun target prioritas adalah penggunaan helm SNI dan yang melawan arus.

Selain itu, penggunaan handphone saat berkendara, berkendara di bawah pengaruh alkohol (miras), kendaraan melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur serta penggunaan knalpot tidak sesuai standar dan .

Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi mengatakan, Operasi Keselamatan Semeru 2024 berlangsung selama 14 hari, mulai hari ini hingga 17 Maret 2024.

“Operasi ini melibatkan 138 personel dengan mengedepankan preemtif, preventif serta penegakan hukum dengan humanis dan edukatif,” kata Eko Bagus, dalam keterangan yang diterima, Senin (4/3/2024).

Tujuan digelarnya operasi keselamatan ini, untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun .

Angka kecelakaan bisa lebih menurun lagi, begitu juga angka pelanggaran, karena dua kategori pelanggaran dan kecelakaan ini ada kali paralel.

Dikatakan dia, kecelakaan kerap didahului dengan pelanggaran baik itu pelanggaran rambu-rambu atau marka, atau pelanggaran batas kecepatan, ataupun kesalahan manusia itu.

“Harapannya dengan digelar operasi ini, kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) makin kondusif,” kata polisi dengan pangkat dua melati di pundak ini.

Eko Bagus mengatakan bahwa pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2024 juga bentuk kesiapan menjelang Ramadan dan Idulfitri.

Dia mengimbau agar masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas, tidak hanya pada saat Polri melakukan operasi, tetapi tanamkan dalam diri sendiri bahwa mematuhi peraturan lalu lintas merupakan kunci utama dalam keselamatan.

Dapatkan update menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com