Mudik Lebaran, 59 Bus Antarkan Ribuan Santri Tebuireng Jombang Ke Kampung Halaman

Jombang, Jurnal Jatim – Ribuan santri pondok pesantren Tebuireng Jombang mudik lebaran 2024. Mereka diantarkan 59 ke kampung halamannya masing-masing. 

Ribuan Jombang mulai mudik hari ini, Sabtu (30/3/2024) setelah aktivitas di pesantren libur menjelang Hari Raya Idulfitri 2024.

Para santri dan ini ke tujuan yang berbeda-beda, di antaranya ada yang ke Sumatera.

Ribuan santri “Mudik Bareng Pesantren Tebuireng” itu dilepas oleh pengasuh pondok KH Irfan Yusuf bersama jajaran pengurus lainnya di area Gus Dur (KH ).

“Ada 59 armada bus yang mengantar santri pulang ke kampung halaman, tujuannya beda-beda,” kata mundir pondok pesantren Tebuireng, H. Lukman Hakim kepada .com, Sabtu (30/3/2024) setelan melepas pemulangan santri.

Mudik bareng santri Pesantren Tebuireng Jombang ini memang dilakukan setiap tahun pada momen lebaran idulfitri. Lukman menyebut, hari ini ada sebanyak 5.000 santri yang mudik kd kampung halaman masing-masing.

“Jumlah hari ini 5 ribu orang. Sebagian kecil ada yang dijemput orang tuanya,” kata Lukman.

Sementara, Irfan Yusuf mengatakan pihaknya sengaja mengkoordinir kepulangan santri ke masing-masing agar orang tua lebih tenang.

“Kalau jelang lebaran ini biasanya trasportasi umum agak susah, sehingga kita fasilitasi dengan armada bus,” ujar Gus Irfan, sapaan akrabnya

Gus Irfan juga memastikan setiap armada bus yang mengantarkan para santri mudik sudah didampingi perwakilan pengurus pondok pesantren.

Para santri akan diturunkan di lokasi transit yang sudah ditentukan, dan sebelumnya telah dikabarkan kepada para wali santri.

“Ada beberapa titik pokoknya, jadi sudah ada pengurusnya di setiap bus, dan nanti orang tua santri bisa menjemputnya di lokasi transit yang sudah kita tentukan. Paling jauh ada yang dari Sumatra juga. Mereka akan kembali ke pondok pada tanggal 21 April depan,” ujarnya.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com