KenDuren Wonosalam Jombang, 2.024 Buah Durian Dibagikan Gratis

, – Pesta panen durian atau KenDuren Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur kembali digelar di lapangan setempat, Minggu (3/3/2024).

Tahun ini, sejumlah 2.024 durian dibagikan sebagai wujud syukur dan suka cita warga di lereng gunung Anjasmoro atas hasil panen buah durian yang melimpah.

2.024 durian yang dibagikan gratis itu disusun dalam bentuk gunungan, berada di tengah lapangan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.

KenDuren Wonosalam diawali dengan penampilan lokal hingga arak-arakan tumpeng hasil bumi dari 9 desa menuju lapangan Wonosalam.

Setelah terkumpul di lapangan, tumpeng-tumpeng hasil bumi tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat yang hadir di acara tahunan itu.

Bersamaan itu, satu persatu buah durian di gunungan juga dibagikan panitia. Penjabat (Pj) turut langsung membagikan buah durian yang berada di gunungan durian.

Meski kondisi lapangan becek karena hujan, namun tidak menyiutkan semangat ribuan masyarakat yang hadir. Mereka tetap antusias untuk mendapatkan durian gratis. Dalam waktu singkat, raja dari segala buah tersebut ludes tak tersisa.

Dalam sambutannya, Sugiat menyampaikan, total ada 2.024 buah durian yang dibagikan gratis untuk masyarakat. Kenduren juga dimeriahkan berbagai kegiatan lainnya.

“Misalnya kontes durian lokal Wonosalam yang dilaksanakan tanggal 4,8,10 Februari, kemudian ada juga bancaan manggis di Desa Jarak, Andum di Desa Sambirejo serta Bancaan Salak di Desa Galengdowo yang akan digelar Mei mendatang,'' ujar Sugiat.

Ia berharap, KenDuren Wonosalam tidak hanya sekedar menjadi seremonial tahunan. Akan tetapi lebih itu, dapat menjadi ajang promosi potensi Jombang khususnya Wonosalam.

Sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Pada hari ini saya nyatakan sebagai bentuk kick off dimulainya mem-branding pariwisata di Jombang khususnya Wonosalam,” tegas Sugiat.

Oleh karena itu, Sugiat berharap event KenDuren pada tahun depan harus lebih baik, sehingga memberikan manfaatkan positif untuk masyarakat.

Dapatkan update menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com