Kebakaran Gudang Rongsokan di Jombang, Api Diduga dari Puntung Rokok

Jombang, Jurnal Jatim – Puntung diduga menjadi penyebab  barang rongsokan di Dusun Dempok, Grogol, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Selasa (19/3/2024) siang.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Saat ini, api sudah dipadamkan petugas (Petugas Pemadam Kebakaran) Jombang Jawa Timur.

“Penyebab diduga dari puntung rokok yang dibuang sembarangan,” kata Komandan PMK Jombang Syamsul Bahri, tertulis, Selasa (19/3/2024).

Syamsul menjelaskan, beberapa sekitar awalnya melihat api membesar berasal dari gudang penyimpanan barang rongsokan.

“Yang terbakar gudang barang rongsokan seluas kurang lebih ×25 meter persegi,” ucap Syamsul.

Disebut Syamsul, warga berusaha mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, namun upaya tersebut tidak berhasil dan api semakin membesar.

“Salah seorang warga melaporkan kejadian itu ke Pos Damkar Kabupaten Jombang,” katanya.

Menerima laporan tersebut, personel pos damkar Jombang dengan satu unit fire pumper truck dan satu unit supply truck meluncur ke lokasi. Setiba di lokasi, melakukan pemadaman dan pembasahan.

Dua jam kemudian, kobaran api berhasil dijinakkan. Syamsul menegaskan, tidak ada jiwa maupun luka dalam kebakaran tersebut. Untuk tafsir kerugian materi masih belum diketahui.

Terpisah, Kepala BPBD Jombang Bambang Dwijo Pranowo mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena dapat menimbulkan kebakaran yang dahsyat.

Menurut Bambang, puntung rokok yang dibuang masih dalam kondisi menyala akan cepat membakar benda-benda kering seperti sampah plastik dan yang lainnya.

“Saya mengimbau warga, saat membuang puntung rokok pastikan dalam kondisi padam, dan tidak dibuang di sembarang tempat, atau jauh dari hal-hal yang dapat memicu kebakaran,” imbaunya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membiarkan atau meninggalkan sampah di depan, atau di samping atau di belakang rumah, jaga saat membakar sampah dan pastikan api mati sebelum ditinggalkan.

“Karena hal itu, dapat memicu atau pekarangan rumah, di tambah tiupan angin yang sangat kencang, akan mempermudah terjadinya kebakaran,” katanya.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com