Hilal Awal Ramadan 1445 H Tidak Terlihat di Jombang, Ini Sebabnya

Jombang, – Prosesi rukyatul hilal penentuan 1445 Hijriah di Pusat Observasi Bulan (POB) Masjid Ponpes Mambaul Maarif , Minggu (10/3/2024) tidak terlihat sebabnya karena belum memenuhi kriteria.

Diketahui, kriteria imkanur rukyah hilal adalah 3 derajat untuk tingginya dan 6,4 derajat untuk elongasinya.

“Hilal masih di bawah kriteria yaitu 0 derajat 20 menit, sedangkan hilal dapat dilihat minimal 3 derajat,” kata M. Masrur dari tim hisab rukyat Kemenag Jombang.

“Maka memang hari ini masih jauh, sehingga rukyatul hilal di Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar tidak berhasil,” lanjut Pembina LFNU ini.

Rukyatul hilal penentuan awal Ramadan 1445 Hijriah dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jombang.

Pemantauan hilal dimulai saat terbenamnya matahari, dengan azimut di angkat 266°03′ 32″, tinggi 0°04′ 15″. Azimut bulan 264°, 44'30” tinggi 0°39′ 46″ kalibrasi utara 93°56'28”, yang dimulai pukul 17.47 WIB. Untuk pengamatan Rukyatul hilal berakhir sekitar pukul 17.50 WIB.

Rukyatul hilal dilakukan Kemenag Jombang melibatkan berbagai unsur, di antaranya Pengadilan Agama, jajaran , Penyuluh Agama Islam Fungsional, Ketua Lembaga Falakhiyah , Tim Falakiyah PD , Tim Hisab Rukyah LDII, JOAC Jombang, sejumlah kepala , dan unsur beberapa perguruan tinggi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Jombang Muhajir dalam sambutannya menyampaikan banyak metode atau cara untuk menentukan awal bulan hijriah.

“Jadi ada yang menggunakan hisab murni dan ada yang gabungan antara hisab dan rukyah,” ujarnya

Muhajir mengajak semua untuk mengikuti bersama hasil pantauan hilal yang akan diumumkan oleh melalui isbat.

Muhajir mengimbau, meskipun jika dalam masyarakat terdapat perbedaan awal Ramadan 1445 H, tidak boleh saling mengolok dan saling mengejek.

“Kita jaga kerukunan, kita jaga ukhuwah islamiyah di antara kita, kita saling bertoleransi menghargai perbedaan pendapat yang ada di antara kita,” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com