Berkat Ramadhan Heppiii, Ratusan Lampu PJU Terpasang di 20 Desa di Jombang

, – Puluhan komunitas anak muda tergabung dalam karang taruna (karta) Heppiii Community di Jombang serentak melakukan pemasangan (PJU) sepanjang bulan .

Total ada ratusan PJU yang terpasang di berbagai titik di jalan-jalan umum hingga gang-gang kecil di kota santri ini.

Koordinator Heppiii Community Jombang, Harris Agung Wibisono mengatakan pemasangan lampu PJU sepanjang bulan puasa tersebut dalam rangka memeriahkan Ramadhan Heppiii. Ratusan lampu PJU itu dipasang di 20 desa.

“Jadi tahun ini pemasangannya lebih banyak, karena kita bikin rata, misal di gang-gang yang masih gelap kami pasang lampu, kalau ditotal semua ada ratusan lampu,” kata Harris, Jumat (15/3/2024).

Pengadaan lampu itu didapat dari kas karta yang terkumpul, dan saat momen Ramadan ini digunakan untuk membeli lampu atau memperbaiki PJU yang .

Karta kata dia sudah memetakan titik yang selama ini gelap, namun banyak digunakan lalu lalang . Dengan pemasangan lampu itu diharapkan bisa membantu warga beraktivitas di malam hari, selain itu juga untuk mencegah kecelakaan karena jalan gelap.

“Pemasangan PJU selama ini bertahap, ada yang sudah, ada yang masih proses, namun diharapkan saat bulan Ramadhan ini sudah tuntas,” ujarnya.

Puluhan desa yang sudah terpasang itu di antaranya Desa Tanggung Kramat, Desa Pandan Bole, Desa Kedungdowo, Desa Ndaru Rejo, Desa Sumberjo, Desa Morosunggingan, dan desa-desa lainnya.

Selain pemasangan PJU ada juga karta di Desa Jombatan yang membeli alat untuk semprot atau fogging pemberantasan sarang nyamuk.

Desa lainnya dalam Ramadhan Heppiii ini juga ada yang melakukan perbaikan gapura, dan perbaikan fasilitas tempat ibadah seperti pengadaan akrilik.

Kemudian karta Tanjung Wadung membeli satu set peralatan lengkap alat pertukangan untuk renovasi atau perbaikan fasilitas di desa. Sebelumnya juga karta di Japanan membeli peralatan yang sama.

“Kegiatan karta di Jombang semua diarahkan untuk sesuatu yang semangatnya membangun desa, dan memberikan manfaat ke lingkungan, sesuai tema Ramadhan Heppiii yakni Bersama Melakukan Kebaikan,” urainya.

Selain Ramadhan Heppiii, karta-karta yang tergabung dalam Heppiii Community juga menggelar Heppiii di enam tempat.

Heppiii Ngabuburit ini adalah kegiatan yang digelar di perkotaan tiap daerah. Acara diisi penampilan musik atau band lokal setempat, kemudian ada aksi kreativitas dari berbagai komunitas.

Seperti BMX, freestyle dan kegiatan lainnya. Acara juga diisi dengan bagi-bagi kepada pengunjung maupun pengguna jalan.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .