Rumah Sakit Pelat Merah di Jombang Akan Membangun Gedung Rawat Jalan Baru

Jombang, Jurnal  – Rumah sakit pelat merah di Jombang yakni RSUD Ploso akan membangun gedung rawat baru dan juga lahan parkir yang lebih memadai.

Pembangunan peningkatan fasilitas rumah sakit tersebut seiring dengan menjelang kenaikan ke tipe C.

Rencana pembangunan itu disampaikan oleh Direktur RSUD Ploso dr. Hendri Marzuki dalam Forum Perangkat Daerah penyusunan rencana kerja RSUD Ploso Tahun 2025, Kamis (15/2/2024).

Ada 30 orang hadir dalam forum itu. Terdiri dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah), klinik , juga LSM.

Pada forum itu, dr. Hendri menyampaikan pencapaian hasil kerja RSUD Ploso Jombang tahun 2023, termasuk jumlah anggaran yang dikeluarkan dan sasaran yang telah dicapai.

Hendri juga menyebut akan membangun dan fasilitas RSUD Ploso, Kabupaten Jombang .

Pembangunan gedung rawat jalan itu dinilai sebagai sesuatu yang urgent (penting), sebab dalam waktu dekat, RSUD Ploso akan beralih tipe dari Rumah Sakit Tipe D ke Tipe C.

“Semula kami ingin membangun Instalasi Gawat Darurat lantai 4 dan 5, namun karena berhubungan akan ditambahnya poli rawat jalan, maka kami akan mendahulukan pembangunan gedung rawat jalan,” kata Hendri pada saat presentasi rencana kerja.

Dalam penerapannya, saat ini rumah sakit di wilayah utara ini telah memiliki 15 Poli rawat jalan. Namun untuk naik tipe C, RSUD Ploso masih harus menambah poli lain salah satunya Poli Jiwa.

Menanggapi rencana pembangunan yang akan dilaksanakan, beberapa OPD dalam forum itu memberikan beberapa masukan, di antaranya dari mendukung penuh atas rencana pembangunan tersebut.

Namun ada beberapa hal kecil yang harus diperhatikan seperti percepat pemasangan alat smoke ditector di Gedung RSUD Ploso, yang dalam hal ini masih dalam proses tahap pemesanan.

Selain Dinas PUPR, () Jombang juga menilai rencana kerja RSUD Ploso sangat baik dan harus segera mempersiapkan serta mengajukan alat kesehatan yang diperlukan sesuai dengan SOP rumah sakit tipe C.

Dinas Kesehatan Jombang juga mendukung adanya poli Yankestrad karena merupakan inovasi yang bagus untuk dikembangkan. [Web/Kab]

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com