Ormas di Kediri Menolak Persoalan Pemilu 2024 Lewat Hak Angket

Kediri, Jurnal – Ormas Gerakan Cinta Tanah Kediri menolak persoalan Pemilu 2024 lewat hak angket dan meminta melalui jalur konstitusi.

Mereka menyatakan itu dengan menggelar orasi dalam aksi mimbar bebas di Taman Joyoboyo Kota Kediri, Minggu (25/2/24).

Ketua Ormas Cinta Tanah Air Kediri Gatot Brd menegaskan pihaknya mendukung penyelenggara pemilu dalam menjalankan pesta demokrasi yang jujur dan transparan.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada KPU (Komisi ) dan setempat atas terselenggaranya Pemilu 2024 dengan jujur dan adil.

Ojo Pecah Ojo Bubrah Goro Goro Pemilu. Kabeh Dulurrr (Jangan pecah, jangan berantakan gara-gara pemilu. Semua saudara). Pemilu Sudah Selesai, Salam Demokrasi NKRI Harga Mati,” kata Gatot dalam orasinya.

Gatot menyampaikan, Ormas Cinta Tanah Air Kota Kediri menolak dengan keras persoalan pemilu 2024 dibawa ke jalur politik yaitu hak angket

“Kami tetap ingin mengawal hasil Pemilu 2024 melalui jalur Konstitusi yang mengutamakan jujur dan transparan tentang penghitungan di setiap TPS maupun di tingkat Kecamatan,” ucapnya.

Gatot mengharap dan mengimbau bilamana ada permasalahan pelanggaran soal pemilu ditindaklanjuti melalui proses yang ada bukan hak angket dari DPR.

Ia mengungkapkan apabila ada perselisihan tentang hasil Pemilu 2024 terkait Presiden dan , maka punya jalur Konstitusi melalui UU hingga di tingkat MK.

“Kita tetap mendukung Pemilu yang bersih dan Adil, ini sikap kita dari cinta gerakan Tanah Air Kota Kediri supaya tidak terdapat kegaduhan,” pungkas Gatot.

Sebatas diketahui ramai pemberitaan nomor urut 3 mendorong pengusungnya untuk menggulirkan hak angket di DPR atas dugaan kecurangan pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Ganjar, hak angket  merupakan hak penyelidikan DPR, menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminta keterangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengenai penyelenggaraan .

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.