4 Orang Meninggal, Empat Kecamatan Ini Teridentifikasi Sebaran DBD di Jombang

Jombang, – Masyarakat Jombang harus waspada akan bahaya penyakit Dengue () di musim hujan saat ini.

Penyebabnya, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti itu paling banyak menyerang warga Kecamatan Jombang, Mojoagung dan Peterongan. Hingga kini sudah ada 4 orang .

Itu disampaikan Plt Kepala Jombang Syaiful Anwar saat konferensi di RSUD Jombang bersama Direktur RSUD Jombang dr Ma'murotus Sa'diyah dan Direktur RSUD dr. Hendri Marzuki Kamis (22/2/2024).

“Sebaran sementara ini yang sudah teridentifikasi ada di Sumobito, Peterongan, Jombang dan Mojoagung,” kata Syaiful.

Berdasar data, jumlah pasien per Februari ini sudah ada 331 orang pasien yang menjalani perawatan akibat Infeksi Virus Dengue (IVD) 4 di antaranya meninggal dunia akibat virus DBD.

“Kalau sebaran dari 331 kasus IVD hampir tersebar di seluruh wilayah kecamatan di Jombang,” ucap Syaiful.

“Dari data yang kita miliki terdapat 331 kasus IVD, 4 pasien meninggal dunia antara lain 3 anak-anak, dan 1 dewasa. Semoga di bulan Maret nanti tidak ada lagi pasien yang terjangkit,” lanjut dia.

Ia menjelaskan, IVD terdeteksi meningkat sejak memasuki musim penghujan. Ia pun memprediksi pada Februari adalah puncak kasus IVD.

Pun begitu, masyarakat diminta selalu waspada dengan penyebaran penyakit DBD. pada prinsipnya, untuk pencegahan atau penanggulangan DBD adalah lebih mengutamakan gerakan 3M.

“Yakni menguras, menutup dan mengubur,” kata mantan Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jombang ini.

Selain itu, Syaiful juga meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya masing-masing dengan rajin menguras bak mandi dan mengeringkan tempat-tempat penampungan .

Tujuannya agar nyamuk tidak bisa bertelur pada tempat-tempat yang ada genangan air dan terhindar dari demam berdarah.

“Kita setiap Jumat juga telah melakukan pemberantasan sarang nyamuk () di seluruh wilayah kerja Puskesmas dan sosialisasi 3M kepada masyarakat,” tandas dia.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com