Ribuan Santri Jombang Manfaatkan Libur Nataru di Kampung Halaman

Jombang, – Libur Natal dan Tahun Baru (nataru) dimanfaatkan ribuan santri Jombang Jawa Timur untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

Libur sekolah pada momen Nataru ini cukup panjang. Di mulai sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Ribuan santri yang sudah pulang kampung halamannya antara lain santri dari Gadingmangu, Kecamatan Perak, , Jawa Timur.

Mereka sudah ke kampung halaman setelah kegiatan belajar mengajar jelang perayaan Natal 2023 dan berakhir.

Dari kurang lebih 5.000 santri, ada 3.000 santri yang memutuskan untuk mudik ke kampung halaman. Sementara, sekitar 2.000 santri lainnya tetap berada di pesantren untuk memperdalam ilmu agama.

Para santri pulang kampung ke rumahnya dengan menggunakan bus yang disiapkan pondok pesantren. Mereka diantar ke daerahnya masing-masing.

Humas Ponpes Gadingmangu, Toto Raharjo mengatakan ada puluhan armada bus yang telah mengantarkan santri ke berbagai daerah tujuan termasuk pengawalan dari jajaran Sentra Kokunikasi Mitra (Senkom).

“Mudik tahun ini disiapkan sekitar 15 bus, dan beberapa kendaraan , ada juga santri yang minta naik Kereta Api,” kata Toto, Sabtu (23/12/2023).

Ia merinci, tujuan ada sekitar 4 bus, ke , Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) ada sekitar 6 bus. Tujuan Pulau Sumatera ada 1 bus dan sisanya daerah Jawa Timur, dan Bali.

“Semuanya dikawal oleh teman-teman Senkom dan Pengasuh Ponpes Gadingmangu,” terangnya.

Ia menjelaskan, sejak  22 Desember 2023 siswa sudah mulai libur sekolah. Siswa diberikan kesempatan mudik liburan sampai 1 Januari 2024. Pasalanya ditanggal 2 Januari 2023 semua santri akan mulai aktivitas kembali di Ponpes.

“Santri tang mudik untuk tetap jaga fisik, mental dan roh nya Ponpes, jiwa, naluri, akhlak Ponpes harus tetap dibawa, diterapkan dimana saja meski sudah pulang kampung,” ucap sekretaris Jombang itu.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com