Siswi Aliyah di Kediri Dinobatkan Sebagai Penulis Nasional Kemenag RI

Kediri, Jurnal Jatim – Harir Azka Ramadhani siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kediri dinobatkan sebagai Penulis Nasional Kementerian Agama RI (Kemenag RI). Prestasi membanggakan itu disampaikan Waka Humas Eko Wahyudin saat jadi pembina upacara, Senin (31/7/2023).

Novel Azka berjudul  “Persimpangan” telah layak terbit dalam penilaian buku pendidikan agama ( teks dan non teks). Hal tersebut tertuang dalam  Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Nomor 103 tahun 2003.

Mengutip laman resmi MAN 3 Kediri, Azka mengisahkan, ia mengikuti CERIS di MTsN 7 Kediri di bawah bimbingan Maghfur Qumaidi. Novel selesai saat ia duduk di bangku MTs dan terbit saat ia sudah menjadi siswi MAN 3 Kediri.

14 Juni 2023 ada pesan masuk yang mengabarkan bahwa novel “Persimpangan” karya Azka itu dinyatakan lulus revisi minor.

Kemudi ia memberitahu pembimbingnya di MTs  dan di MAN 3 yakni Ucik. Lalu ia merevisi naskah novel dengan bimbingan keduanya. Ilustrasi juga dibantu oleh Nurma  (Guru Desain Grafika) dan timnya.

Waktu SKAL ke Bali ia pun merevisi novelnya. Sehari setelah pulang dari Bali (bertepatan pembagian rapor) ia ke madrasah untuk merevisi lagi.  25 Juni 2023 selesai dan ia  kirim. Pada Juli novelnya lulus dan dinyatakan layak.

Alhamdulillah, akhirnya dinyatakan sebagai penulis nasional,” ujar siswi Aliyah tersebut.

Guru Pembimbing Ucik Nurmawati mengatakan, pemberitahuan disampaikan 2 hari menjelang keberangkatan SKAL ke Bali, jadi diperlukan 2 hari untuk revisi. Karena anaknya gercep (gerak cepat), maka bisa terselesaikan 75 persen.

“Alhamdulilah dapat perpanjangan waktu dari panitia karena terkendala di layout. Terima kasih dukungan motivasi Pak  Nurul (Waka Kurikulum), fasilitas Bu Laili (Waka Kesiswaan) dan Bu Nurma (Guru Desain Grafika) untuk layout dan gambar ilustrasi semua bisa terbayarkan kerja keras Aska,” ujarmya.

Kepala MAN 3 Kediri, Moh. Maksun mengapresiasi prestasi anak didiknya itu. Menurutnya, capaian yang membanggakan itu tidak terlepas dari kerja sama dan kerja keras guru pembimbing, tim layout dan editing sehingga mampu mengantarkan Azka menjadi penulis nasional.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, selamat dan sukses untuk ananda Harir Azka Ramadhani, semoga prestasi ini bisa menjadi pemacu MAN 3 Kediri untuk berprestasi lagi,” ujar Maksun.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com