Gunungan Hasil Bumi Jadi Rebutan Warga di Jombang, Emak-emak: Sulit Banget!

, Jurnal – Sebanyak lima buah gunungan hasil bumi jadi sasaran rebutan warga Dusun Banjarkerep Banjardowo, Kabupaten Jombang pada Sabtu (26/8/2023).

Pantauan di lokasi, muda-mudi, bapak-bapak maupun ikut serta berebut hasil bumi untuk memeriahkan sedekah dusun sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke – 78.

Sebelum direbutkan lima tumpeng gunungan berupa sayuran, buah juga jajanan pasar terlebih dahulu diarak keliling Dusun Banjarkerep, Desa Banjardowo, Jombang, Jawa Timur.

Tumpeng dikumpulkan menjadi satu di tengah – tengah kampung. Begitu usai dibacakan, warga langsung menyerbu dan memperebutkannya.

Warga rela berdesak-desakan berebut hasil bumi dengan harapan mendapat keberkahan di acara kirab gunungan lima. Acara itu pun berlangsung meriah.

“Susah banget dapetinnya, seneng dan seru rasanya saat rebutan,” kata seorang mak-mak bernama Kholisatunisa (29) warga setempat.

Meski sempat kesulitan mendapatkan barang daru hasil bumi yang ada di gunungan itu, perempuan yang akrab disapa Lilis tersebut akhirnya sukses mendapatkan hasil untuk dibawa pulang ke .

“Dapat sayur, jajan, kaos dan juga dapat angpao tadi,” aku ibu muda tersebut.

Lilis berharap sedekah bumi di dusunnya bisa memberikan keberkahan untuk semua warga. “Keselamatan untuk warga semua,” harapnya.

Kepala Dusun Banjarkerep Desa Banjardowo Muhammad Khozin mengatakan lima gunungan hasil bumi yang dikirab keliling Dusun itu dari tiga Rukun Tetangga (RT). Sengaja dibagikan warga sebagai wujud syukur masyarakat atas berkah hasil bumi..

“Ada hasil bumi, jajan pasar, aneka gerabah dan banyak lainnya,” kata Khozin kepada wartawan, Sabtu (26/8/2023).

Khozin menuturkan sedekah bumi itu sudah berlangsung sejak 2012 dan dilaksanakan setiap tahunnya dan sempat terhenti dua tahun karena pandemi covid 19.

“Ini sebagai wujud rasa syukur dan menjalin silaturahmi antarsesama warga,” ucap dia mengakhiri.

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.