Anies Baswedan Ziarah Makam Ulama Pendiri NU di Kabupaten Jombang

Jombang, – Anies Rasyid Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta ziarah ke makam para pendiri (NU) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (31/8/2023).

Mengawali dengan berziarah ke Makam KH Hasyim Asy'ari di Kawasan Pondok (Ponpes) Tebuireng, Jombang. Di Tebuireng, ditemui langsung oleh Pengasuh KH Abdul Mahfudz (Gus Kikin).

Selepas dari Tebuireng, pria yang bakal dicapreskan pada pemilu 2024 ini berkunjung ke rumah Ndalem Pengasuh Ponpes Darul Ulum, Peterongan, Jombang. Lalu ziarah ke makam KH KH Romli Tamim dan makam para Dzuriah.

Rangkaian ziarah dilanjutkan menuju , Tambakberas Jombang. Anies Baswedan menuju ke makam untuk memanjatkan doa dan tabur bunga.

Selang beberapa menit, Anies Baswedan beranjak dari Tambakberas menuju ke Denanyar, melanjutkan ziarah ke Makam KH Bisri Syansuri. Sejumlah Zuriah Ponpes Denanyar menyambut kedatangan Anies Baswedan, di antaranya KH Abdussalam Shohib dan Hj Mu'linah Shohib.

Usai dari Ponpes Denanyar Jombang, Anies Baswedan menjumpai sejumlah relawan di dua titik. Pertama, relawan yang usai mengadakan talkshow di sebuah hotel di Jombang dan mengunjungi relawan yang berkumpul di kampus Universitas Darul Ulum (UNDAR) Jombang.

Anies Rasyid Baswedan mengaku bersyukur bisa melakukan kunjungan ke Jombang. Berdoa agar bisa mentauladani para ulama yang selama ini menjadi panutan umat.

“Kita datang berziarah, berharap bisa meneruskan apa yang menjadi jasa perjuangan ulama, umat, maupun bangsa,” kata Anies Baswedan kepada wartawan, Kamis (31/8/2023).

Bersyukur bisa berziarah ke empat tokoh utama era awal NU yang menjadi pilar penting. Berziarah ke Tebuireng, Rejoso, Tambakberas dan Denanyar.

“Alhamdulillah, misi silahturahmi di empat pilar utama awal NU tertunaikan. Misi hari ini adalah menziarahi pendiri NU,” tandas mantan menteri pendidikan nasional ini.

Ketika disinggung langkah komunikasi dengan tokoh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, ia memastikan tetap berjalan.

“Kita alhamdulillah komunikasi dengan semua,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com

No tags for this post.

Related Posts

Editor: Hafid