Sambut Hari Kemerdekaan RI, Polisi Kediri Keliling Datangi Rumah Warga, Lihat Aksinya

Kediri, Jurnal Jatim – Menyambut hari Republik Indonesia (RI) ke 78, polisi Kota keliling pemukiman penduduk di wilayah Mojoroto Kota setempat.

Korps coklat itu juga mendatangi rumah . Kehadiran petugas dengan jalan kaki itu untuk membagikan bendera merah putih dan umbul-umbul gratis.

Tidak itu saja, para personel kepolisian juga bergotong royong dengan warga memasang bendera dan umbul umbul di depan rumah warga serta di -gapura pintu masuk kampung.

“Jadi kegiatan itu selain membagikan bendera merah putih dan umbul-umbul juga  sosialisasi kepada masyarakat. Kita imbau untuk memasang bendera merah putih,” kata Kota AKBP Teddy Chandra,  Senin (31//2023).

Teddy menyatakan bagi warga yang memiliki umbul-umbul, poster, spanduk, baliho, atau hiasan lain juga bisa dipasang. “Biar nanti menjadi lebih meriah,” ucap Teddy.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah bendera merah putih yang akan dibagikan kepada masyarakat sekaligus membantu pemasangannya.

Dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, antara lain mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai 1 sampai 31 Agustus 2023.

Adapun Tema HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 ini adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Teddy menambahkan para pahlawan telah mengorbankan harta dan jiwa untuk kemerdekaan Indonesia. Sebagai generasi bangsa sudah menjadi kewajiban untuk menghargai dan meneruskan perjuangan para pahlawan. Salah satunya adalah dengan mengibarkan bendera merah putih.

“Bentuk penghormatan kita terhadap jasa para pahlawan serta menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah . Jadi, kita harapkan secara keseluruhan masyarakat mengibarkan bendera merah putih di depan rumah masing-masing,” imbuh Teddy.

Teddy kembali mengatakan kegiatan tersebut untuk mengajak masyarakat menghayati pentingnya arti kemerdekaan Republik Indonesia. Sekaligus juga menjadi motivasi untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Tak lupa mengingatkan agar masyarakat memasang bendera di setiap rumah selama 1 bulan penuh mulai 1 Agustus sampai 31 Agustus 2023,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com