Resmi Dibuka, 36 Wartawan Siap Mengikuti Uji Kompetensi di Malang

, – Uji Kompetensi (UKW) angkatan ke-51 di Malang resmi dibuka, Jumat (21/7/2023). Ada puluhan orang peserta akan mengikuti rangkaian uji kompetensi yang berlangsung selama 3 hari, di Gedung IKIP Budi Utomo itu.

“Peserta 36 orang, 4 kelas muda, 1 kelas Madya, dan 1 kelas utama,” Ketua () Malang Raya, Cahyono saat membuka UKW tersebut.

Cahyono mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak. Ia menyebut Ada sebanyak 40 sponsor memberikan dukungan peningkatan kapasitas wartawan.

Menurut dia, pendidikan kepada wartawan penting. Maka dari itu butuh dukungan dari semua pihak untuk kemajuan para wartawan. Terdata di Malang Raya ada 321 orang wartawan.

“Tidak hanya pemerintah daerah, TNI dan Polri, punya kontribusi untuk memajukan wartawan. Biar jadi Jurnalis yang profesional,” katanya.

Senada, Ketua PWI Jawa Timur Lutfi Hakim menegaskan komitmen bersama antara Pemerintah, TNI dan Polri. Bahwa jurnalis garda pertahanan bangsa.

“Kenapa Perlu karena untuk memajukan profesi jurnalis,” ujar Lutfil dalam sambutan.

Berdasarkan kalkulasi matematis, Lutfil mengurai ada sebanyak 52 ribu , atau jika ditaksir jumlahnya ada 250 ribu jurnalis. Sedangkan yang menyelesaikan sertifikasi ada sekitar 24 ribu wartawan.

“Ada 1.400 peserta sudah mengikuti kegiatan UKW yang diselenggarakan PWI Malang Raya,” ujar Lutfil.

Mrnurut Lutfi, Ilmunya tidak bertambah tapi tanggungjawabnya yang bertambah. Karena sudah memiliki label kompeten, maka perilaku moral dan etik yang harus lebih mumpuni.

“Karya jurnalistik mencerdaskan, kalau tidak mencerdaskan, berarti ada yang tidak beres,” tandasnya.

Untuk diketahui uji kompetensi wartawan di Malang dibuka secara simbolis Kapolresta Malang Kombes Pol. Budi Hermanto dihadiri jajaran Muspida dan perwakilan undangan dari para sponsor.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow .com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.