Pasokan Gas Elpiji 3 Kg Berkurang, Pangkalan di Jombang Tak Bisa Penuhi Permintaan Warga

Jombang, Jurnal Jatim – Pangkalan elpiji di Jombang Jawa Timur mengaku pasokan gas elpiji 3 kilogram (kg) berkurang sehingga tak bisa memenuhi permintaan warga.

Salah satunya adalah pangkalan elpiji milik Mulyadi di Dusun Rejoslamet, Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Petugas pengecer pangkalan elpiji Rokimin (51), mengaku ada pengurangan permintaan  tabung gas elpiji 3 kg dari kebutuhan yang diajukan.

Menurut Rokimin, pangkalan mendapat 100 sampai 110 tabung gas elpiji 3 kg. Sedangkan berdasarkan kebutuhan, pelaporan yang diajukan yakni sejumlah 150 tabung.

“Ada pengurangan 40, 20 dan 30 sekali pengiriman. Berlaku kurang lebih 6 bulan ini, ada pengurangan unit,” kata Rokimin kepada wartawan, Jumat (28/7/2023).

Selama ini, pangkalan di Mojoagung Jombang itu melayani kebutuhan gas elpiji subsidi untuk 4 dusun di desa Mancilan. Yakni, dusun Mancilan, Dusun Banaran, Jetis, dan Rejo Slamet.

“Bukan stok, pengiriman kurang, saya tidak stok, setiap hari habis. Ada pengurangan dari Agen,” ucap dia.

Dirinya berharap pasokan gas elpiji melon dikirim kepada pangkalan sesuai pengajuan yakni sebanyak 150 unit, supaya kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Rokimin menjelaskan jika permintaan gas elpiji di masyarakat semakin tinggi pada saat hari Minggu. Pada hari libur itu, masyarakat banyak yang mencarinya.

“Kebutuhan pasar di lapangan itu kalau tanggal merah masyarakat membutuhkan, tapi pihak pengiriman libur, dari Agen PT Bintang Sinar Gas Biru Mojoagung,” katanya.

Untuk menyiasati kekurangan tersebut, ia menyebut, tiap toko yang hanya disuplai lima atau dua tabung gas elpiji.

“Jadi tabungnya stoknya 15 saya kasih 2, toko yang stoknya 30 unit saya kasih lima, supaya merata,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala dinas perdagangan dan perindustrian Kabupaten Jombang, Suwignyo mengatakan Pertamina sudah menambahkan extra dropping sebesar 58.240 tabung gas elpiji.

Penambahan itu dikatakan Suwignyo sebagai tindak lanjut mengatasi kelangkaan gas elpiji 3 kg di Kabupaten Jombang.

“Seratus persen alokasi harian Kabupaten Jombang didistribusikan tanggal 28, 29 & 31 Juli 2023,” katanya.

Penambahan tersebut akan didistribusikan kepada pangkalan dengan prioritas wilayah yang membutuhkan.

“Kepada masyarakat dapat menyampaikan informasinya kepada kami jika masih ada pangkalan yang LPG 3 Kg-nya kosong atau langka,” pungkas mantan Camat Ploso ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.