Menparekraf Sandiaga Uno dan Bupati Jombang Bahas Gagasan Interkoneksi Makam

Jombang, Jurnal Jatim – Menparekraf Sandiaga Sholahuddin Uno dan Bupati Jombang membahas gagasan interkoneksi makam di daerah setempat.

Gagasan interkoneksi makam di Jombang itu muncul saat Pariwisata dan (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno disela lawatan ke Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang .

Usai melakukan ziarah makam KH Abdul Wahab Chasbullah di Tambakberas, Tambakrejo, Sandiaga Uno berbincang dengan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab.

Dalam perbincangan singkat antara Bupati dengan sekretaris daerah tercetus gagasan interkoneksi makam pahlawan dan para di Jombang.

“Saya dititipkan tadi satu rencana yang luar biasa untuk menghubungkan makam-makam pahlawan kita ini untuk wisata religi,” kata Menparekraf Sandiaga Uno usai turun dari Salat Maghrib kepada , Sabtu (15/7/2023).

Menteri Sandiaga Uno menilai gagasan  itu akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Karenanya difasilitasi juga oleh Pemkab dan pemerintah pusat.

“Jadi ada nanti APBD dan non APBD-nya sedang kami akan kembangkan, baru tadi menerima usulan dari Sekda dan ibu Bupati,” terang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Menteri menegaskan gagasan itu penting untuk diwujudkan karena inilah masa depan dari ribuan santri. Bahwa wisata religi selama ini banyak peminatnya tapi belum terfasilitasi dengan optimal.

“Saya yakin target 4,4 juta lapangan pekerjaan di sektor pariwisata bisa kita ciptakan jika kita mampu menginterkoneksikan 4 pondok besar ini dan juga alun-alun dan Wonosalam,” tandasnya.

Sesaat setiba di wilayah Tambakberas, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu memulai dengan melakukan ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Abdul Wahab Chasbullah di Tambakberas, Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang.

Sesaat kemudian mengikuti ibadah Salat Maghrib berjamaah di jami' kompleks pondok pesantren Bahrul Ulum. Usai Salat, Menteri Sandiaga Uno memberikan kata sambutan dihadapan ratusan santri.


Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.