SMKN Mojoagung Jombang: Cetak Lulusan Siap Kerja, Siap Wirausaha dan Siap Kuliah

Jombang, – Tidak hanya sebagai sekolah unggulan berbasis keterampilan, SMK Negeri (SMKN) Jombang juga siap mencetak generasi enterpreneur (wirausaha) yang kompetitif, handal dan profesional dibidangnya.

Para Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Mojoagung Jombang dibekali keterampilan dan kompetensi, agar kelak siap masuk dunia kerja, berwirausaha (enterpreneur) maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

SMK Negeri Mojoagung Jombang memiliki lima jurusan unggulan. Antara lain yakni Kimia Industri, Rekayasa Perangkat Lunak, Bisnis Daring dan Pemasaran, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

“Kami menyiapkan lulusan siap kerja yang hebat, berjiwa enterpreneur dan mampu bersaing,” kata Kepala SMK Negeri Mojoagung Jombang, Panca Sutrisno dikonfirmasi, Rabu (8/3/2023).

Siswa yang dari SMK Negeri Mojoagung sudah dibekali oleh Bursa Kerja Khusus (BKK). Sehingga dengan penambahan ketrampilan itu, siswa lebih siap kerja jika tidak ingin melanjutkan pendidikan ke tinggi.

SMKN Mojoagung Jombang: Cetak Lulusan Siap Kerja, Siap Wirausaha dan Siap Kuliah

Dikatakan Panca, selain prestasi akademik dan nonakademik, lembaga di bawah naungan dinas pendidikan Provinsi ini juga berfokus pada pembangunan karakter siswa sesuai visi misi. Yakni, Rappi (Religius, attitude, pengetahuan, perfoma, dan interpersonal).

Pembangunan karakter itu sudah ditekankan kepada siswa sejak pertama kali masuk sekolah yang beralamat di Jl No 66, Desa Miagan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

“Jadi yang utama, target kita (SMK Negeri Mojoagung) adalah pembangunan karakter siswa, melalui lima visi misi,” ujarnya.

Pertama, siswa harus menjadi religius. Sisi keagamaan ini terus digencarkan pihak sekolah baik untuk siswa muslim atau nonmuslim agar menjadi pembiasaan.

“Sebelum kegiatan , setiap pagi mulai hari Senin-Jumat ada bacaan ayat suci . Setiap hari kita berikan itu supaya menjadi pembiasaan,” ujarnya.

Selain membaca Alquran, para siswa juga dibiasakan untuk jemaah salat duha setiap pagi dan di hari Jumat diberikan kegiatan khotmil .

“Setiap kelas sudah ada kandidat untuk khotmil quran, itu sudah kita jadwalkan sejak setahun lalu,” katanya.

Kedua, perilaku atau attitude. Mulai dari kedisiplinan atribut, seragam, jam masuk ditata sedemikian rupa agar menjadi kebiasaan siswa SMK Negeri Mojoagung. “Harapannya dari hal kecil itu, bisa merubah semua aspek,” ujarnya.

Kemudian, pengetahuan. Para siswa diharapkan bisa mencerminkan seorang yang berpendidikan atau ilmuwan. Siswa harus memiliki keterampilan, pengetahuan yang Andal. Lalu, performa. Siswa SMK Negeri Mojoagung, harus memiliki performa yang baik.

Terakhir adalah interpersonal, siswa harus bisa bersosialisasi dengan lingkungannya dengan baik. Baik hubungan siswa dengan siswa maupun dengan guru dan karyawan.

“Harapannya nanti, setelah lulus dari SMK Negeri Mojoagung kalau tidak diserap di dunia kerja, lulusan bisa wirausaha mandiri,” tandas pria ramah ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com