Diadang Polisi, Demo Mahasiswa Depan Pendopo Jombang Ricuh

Jombang, Jurnal Jatim – Aksi gabungan organisasi Cipayung di depan Jawa Timur ricuh saat massa memaksa masuk tapi diadang oleh aparat kepolisian, Senin (20/3/2023).

Ratusan mahasiswa memaksa masuk ke halaman Pendopo sementara ratusan aparat keamanan gabungan menghalangi pintu masuk.

Perwakilan massa aksi Asroruddin mengatakan aksi dilakukan karena mewakili masyarakat untuk meminta hak dari sejumlah janji yang disampaikan bupati Jombang Mundjidah Wahab.

“Kami menuntut hak atas janji bupati kepada masyarakat,” ujarnya dalam orasi di depan Pendopo Kabupaten, Senin (20/3/2023).

Pantauan di lapangan, ratusan massa dari organisasi Cipayung Plus mengawali aksi berkumpul di Area taman Kebon Rojo Jombang. Setelah itu mereka bergerak berjalan menuju Pendopo.

Massa melengkapi aksinya dengan satu unit mobil komando, spanduk tuntutan, tuntutan dan sejumlah bendera perwakilan organisasi.

Mengawali demonstrasi sekitar pukul 11.00 WIB, massa melakukan orasi, meneriakkan yel-yel, dan bernyanyi secara bergantian. Massa kemudian memaksa masuk ke halaman Pendopo.

Setidaknya, berdasarkan pantauan sudah sebanyak 4 kali massa memaksa masuk ke pendopo. Namun urung bisa masuk karena dihalangi oleh border aparat gabungan dan satpol PP.

Massa aksi sempat dipukul mundur oleh aparat kepolisian sampai ke lapangan Jombang. Ada beberapa massa aksi sempat diamankan oleh pihak kepolisian. Bahkan di antaranya terlibat baku pukul antara massa mahasiswa dan aparat keamanan.

Asisten bagian Hukum dan pemerintahan, Purwanto mengatakan pihaknya sebenarnya sudah menunggu kedatangan para mahasiswa. Bupati berhalangan datang karena ada agenda, sementara sekretaris daerah sedang keluar kota.

“Kami berterimakasih sudah menjalankan aksi dengan baik. Meskipun ada insiden itu tadi ada miskomunikasi, ke depan akan kita perbaiki,” kata Purwanto saat di atas mobil komando di hadapan massa aksi.

Lebih lanjut, Purwanto menegaskan program janji politik pemerintah Jombang belum selesai dan masih ada waktu untuk memenuhi janji tersebut. Terkait capaian program Jombang selama ini, ia menyebut akan dijelaskan lebih lanjut oleh Bappeda (badan perencanaan ).

“Kita akan dengarkan dari Bappeda soal capaian pembangunan Pemkab jombang,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com