BPKH Gandeng LA- ZUQ Salurkan Bantuan RKB Yayasan Ats-Tsaqofah Jombang

, Jurnal – Badan Pengelola Keuangan Haji () RI bersama Mitra Kemaslahatan LAZ UQ Jombang melakukan serah terima ruang kelas baru (RKB), Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ar Ruhul Jadid Yayasan Ats – Tsaqofah Jombang, Senin (6/1/2023).

Serah terima program itu juga, dihadiri Bupati Jombang, Wahab, didampingi beberapa Kepala Dinas Kabupaten Jombang, Ketua Yayasan Ats Tsaqofah beserta seluruh pengurus Yayasan, Pembina dan Direktur LAZ UQ sebagai mitra kemaslahatan.

Sebelum peresmian dan serah terima ruang kelas baru, terlebih dahulu ditandai dengan pemotongan pita dan Penandatanganan Prasasti Yayasan Ats Tsaqofah.

Dalam sambutnya, Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, bahwa, semoga bantuan BPKH melalui program kemaslahatan bermanfaat bagi penerima, serta semakin banyak lembaga pendidikan di Jombang dapat menerima bantuan program kemaslahatan tersebut.

Pada acara itu, Badan Pelaksana BPKH RI, Amri Yusuf, SE.,Ak.,CA.,MM menegaskan dana yang digunakan dalam program pembagunan tersebut bukanlah dana setoran awal pendaftaran haji, melainkan melalui Dana Abadi Umat (DAU).

“BPKH bertugas mengelola dana haji yang terdiri dari dana setoran awal dan setoran pokok, serta Dana Abadi Umat yang bersumber dari pengelolaan efisiensi dana haji di tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ia mengatakan saat ini DAU sudah mencapai 3,4 triliun lebih dan mengizinkan dana itu untuk digunakan pada kegiatan kemaslahatan umat.

Bantuan yang disalurkan, lanjutnya, sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan nilai manfaat dari hasil Dana Abadi Umat yang sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 terkait pengelolaan keuangan haji dan diatur dalam PBPKH No 7 tentang prioritas kegiatan kemaslahatan, yang salah satunya ialah bidang Pendidikan dan Dakwah.

Rangkaian acara peresmian dan serah terima ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Abdul Wahab A. Khalil, Lc, MA sebagai PP. Ar Risalah Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang dan Dewan Pengawas Syariah

Acara tersebut juga dihadiri Camat Kecamatan Jombang, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama Jombang, Kepala KUA Kec Jombang, serta tokoh dan ulama setempat.

Terpisah, Ketua Yayasan Ats Tsaqofah H. Hartono, M.T., Kons menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKH RI atas bantuan ruang kelas baru pada lembaga pendidikan Yayasan Ats Tsaqofah dan semoga bermanfaat bagi masyarakat.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.