Arsyila, Penari Tari Remo Boletan Cilik dengan Segudang Prestasi

Jombang, Jurnal Jatim Tsania Alim, penari tari remo boletan cilik asal Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang Jawa Timur dengan segudang prestasi sejak menjadi perwakilan sekolah mengikuti ajang lomba tari.

“Pernah menjuarai lomba tari remo tingkat Kabupaten untuk kategori kelompok,” kata Arsyila usai tampil di Ajang Award 2023 pada resepsi Hari Nasional di Graha Jl Jombang.

Mewakili sekolahnya, Syila pernah menyabet juara 1 tari remo beregu dalam ajang Seni dan Bahasa yang digelar tingkat Kecamatan Diwek hingga mewakilinya di tingkat Kabupaten.

Ditingkat Kabupaten, bersama timnya kembali menjadi juara tiga tingkat Kabupaten setelah menyisihkan pesaing dari sejumlah kecamatan.

Terakhir juara bergengsi kembali direbut dalam ajang Scout Chalengge Jombang yang digelar Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Jombang pada penghujung 2022 sebagai juara satu tari remo beregu.

Sejak kecil ia memiliki talenta menari. Gadis 11 tahun ini mengawali debut menari di Sanggar Tari Sekar Endah yang ada di Desa Wangkal Kepuh Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang sekitar tahun 2020 lalu.

Arsyila juga mendalami bakat tarinya di Sanggar Lung Ayu di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto Jombang. Selama dua tahun ia terus berlatih tanpa henti. Latihan itu sekaligus untuk mengisi aktivitas di masa pandemi.

Setiap seminggu sekali, gerakan tari remo yang diciptakan oleh Seniman asal Jombang Cak Mo itu terus diasah dan dihafalkan hingga putri dari Syaiful Mu'alimin semakin matang dalam memainkannya.

Bakat siswi SDN 1 Cukir, Kecamatan Diwek Jombang ini semakin berkembang saat Pemkab Jombang menggalakkan gerakan tari remo dalam kegiatan pembiasaan setiap minggu sekali di masing masing sekolah.

Gerakan pembiasaan itu dilakukan Dinas dan Kebudayaan Kabupaten Jombang setelah berhasil mendapatkan ‘Rekor Muri' penari remo terbanyak dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Jombang pada 2022 yang Ke 112 dengan pagelaran yang diikuti 41.112 penari.

“Kemarin juga dipilih untuk berada di panggung depan saat rekor tersebut,” kata Arsyila dengan bangga.

Sementara, pada tampilan pembukaan PWI Jombang Award 2023 dalam resepsi HPN 2023 dan HUT Radio Suara Jombang, Selasa (23/2/2023) yang dihadiri Bupati Jombang Wahab, Arsyila sukses tampil memukau.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab yang sempat menemui Arsyila mendorong talenta seni anak-anak harus terus didukung. Sekolah dan orangtua harus menjadi pendorong untuk pengembangan bakat anak lebih berkembang dan tersalurkan.

“Semoga anak anak di Kabupaten Jombang bisa terus mengembangkan bakatnya,” kata Mundjidah Wahab menyemangati Syila usai membuka yang menjadi rangkaian PWI (Persatuan Wartawan ) Award di GOR Merdeka Jombang.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.