Perajin Mebel di Jabung Magetan Produksi Bahan Usaha Warung Angkringan

Magetan, Jurnal Jatim – Perajin mebel di desa Jabung Kecamatan Panekan Kabupaten Ngawi memfokuskan pembuatan meja, rak dan kursi untuk warung atau angkringan.

Seperti diketahui, Desa Jabung merupakan salah satu desa yang berbatasan dengan Kabupaten Ngawi memiliki segudang potensi. Keindahan alam maupun petensi industri kreatif skala rumah rumah tangga ada di sana.

Nah, perajin usaha mebel di sana yang membuat perangkat warung angkringan terletak di Dusun Karang RT 1 dan RT 2 , RW 4 Desa Jabung. Adapun bahannya dari kayu mahoni, waru dan sengon laut.

Salah satu perajin di desa setempat, Sukiran (68) mengatakan mengaku mengkhususkan produksi bahan perlengkapan untuk warung maupun angkringan.

”Kami produksi meja kursi, rak bagi angkringan maupun warung. Usaha ini merupakan usaha pokok bagi sebagian besar warga RW 4,” ujar Sukiran, Kamis (19/1/2023).

Usaha kerajinan mebel tersebut, disebut Sukiran sudah ditekuninya sejak 1980 silam dan terus bertahan berkembang sampai saat ini.

“Kami tekuni sejak lama, sekitar tahun 1980 kami mulai usaha ini. Dan berkembang kanan kiri dan sekarang jadi usaha pokok,” ujar perajin mebel berusia lanjut ini.

Lebih lanjut Sukiran mengatakan, pemasarannya tidak hanya lokal, tapi juga sudah merambah ke berbagai daerah lain. “Untuk pemasaran sudah menjangkau kabupaten sekitar antara lain Ponorogo, Madiun dan Ngawi,” ujarnya.

Sukiran berharap kepada pihak-pihak terkait di kabupaten Magetan bisa memberikan bantuan agar produk yang dihasilkan semakin bagus dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

“Bantuan modal maupun alat produksi sangat kami harapkan,” pungkas Sukiran.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.