Lapas Jombang Gandeng BPBD Lakukan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

Jombang, Jurnal Jatim – Seluruh petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jombang berkumpul di lapangan, Kamis (19/1/2023). Mereka mendapatkan pengarahan pelatihan kebakaran dari BPBD kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih pegawai Lapas Jombang dalam penanganan pertama pada kebakaran di kantor maupun di lingkungan.

Sekaligus melatih para petugas kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran. Bertindak sebagai pemateri, kepala unit Damkar BPBD Jombang Syamsul Bahri didampingi anggota.

Adapun materi yang disampaikan Syamsul Bahri meliputi sebab-sebab terjadinya api; pengetahuan, penggunaan dan perawatan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), serta praktik melakukan pemadaman api.

Setelah diberikan pemaparan, petugas lapas langsung praktik. Praktik pemadaman api menggunakan 3 teknik, yakni menggunakan karung goni, APAR dan menggunakan Nozzel yang mendapatkan tekanan dari pompa air.

Kepala Lapas Jombang Margono mengatakan pelatihan penanggulangan kebakaran kali ini menggandeng BPBD Jombang untuk memberikan skill atau kemampuan kepada petugas.

Ia mengemukakan kegiatan ini sekaligus juga merupakan Implementasi arahan Dirjen Pemasyarakatan, Reinhard Silitonga tentang Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju + 1.

“Yaitu Deteksi Dini, Berantas peredaran Narkoba, Sinergitas dan Back to basic,” ujar Margono dalam keterangannya, pada Jumat (20/1/2023).

Selain itu, dikatakan Margono, pelatihan itu merupakan tindak lanjut atas arahan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari.

“Kita harus menjaga sinergitas dan kolaborasi kepada pihak terkait guna meningkatkan keamanan dan ketertiban Lapas,” ujar Margono.

Ia menambahkan, petugas dituntut untuk selalu waspada dalam menjalankan tugas. Begitupun bagi warga binaan diimbau tidak lalai dalam berkegiatan apa pun yang bisa menyebabkan potensi kebakaran.

“Sebisa mungkin, masing-masing petugas sudah harus mengetahui teknik dasar dalam penanganan kebakaran agar kita senantiasa siap dalam kondisi apa pun. Tidak panik dan tetap tenang,” tandas Kalapas Kelas IIB Jombang ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.