Api Bakar Rumah di Sumobito Jombang, Kerugian Capai Rp50 Juta

Jombang, Jurnal Jatim – Api bakar rumah di Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang. Si jago merah itu menghanguskan rumah milik Suginah (58) warga asal Dusun Losari, Desa Kedungpapar, Kecamatan Sumobito, Senin (2/1/2023) siang.

Hampir semua bagian rumah itu hangus terbakar. Jika ditaksir kerugian akibat lalapan si jago merah mencapai jutaan rupiah.

Kasi PMK BPBD Jombang, Syamsul Bahri mengatakan Sejumlah ruangan yang terdampak kobaran ini menghanguskan ruang tamu, ruang tengah juga ruang belakang dan sebagian atap terbakar.

“Diperkirakan kerusakan akibat kebakaran ini ditaksir mencapai 50 juta rupiah,” kata Syamsul Bahri berdasarkan keterangan saksi mata di lapangan.

Kronologi kejadian, menurut Syamsul setelah menerima laporan petugas pemadam kebakaran langsung berangkat dengan mengerahkan tim petugas dan satu unit fire pumper truk menuju lokasi.

“Peristiwa rumah kebakaran di Dusun Losari ini baru diketahui warga setempat sekitar pukul 11.25 WIB. Sebelum melaporkan kejadian tersebut ke Pos Damkar Mojoagung, pukul 11.30 WIB, para warga juga sempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun api tak kunjung padam,” ungkap Syamsul Bahri kepada awak media.

Kasi PMK BPBD Jombang menambahkan, setiba pukul 11.45 WIB di rumah tersebut, kobaran api yang terlebih dulu dijinakkan warga setempat tak kunjung padam, namun si jago merah malah merembet ke ruangan-ruangan rumah berukuran 4 kali 6 meter itu.

“Dengan sekuat tenaga, tim Pos Damkar Mojoagung dan dibantu para warga di lokasi, akhirnya berhasil menjinakkan kobaran api selama 1 jam. Baru pukul 12.45 WIB jago merah dapat dipadamkan, seluruh ruangan juga sudah dilakukan pembahasan guna adanya api yang belum padam,” terangnya.

Sejauh ini penyebab kebakaran rumah belum diketahui pasti. Namun, diduga asal percikan api yang hampir menghanguskan seisi rumah ini lantaran korsleting listrik, membakar kabel jaringan listrik yang kurang memenuhi standar keamanan dan meluas ke seluruh ruangan.

“Diduga penyebab kebakaran tersebut lantaran alami korsleting listrik,” pungkas Syamsul.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.