Penjagaan Polda Jatim Diperketat Pascaledakan Bom di Polsek Astanaanyar

Surabaya, Jurnal Jatim – Pascaledakan bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022), Polda Jawa Timur melakukan langkah antisipasi dengan meningkatkan sistem pengamanan.

Meskipun sebelumnya Polda Jatim telah melaksanakan sistem pengamanan Mako dengan melakukan pemeriksaan setiap orang yang keluar masuk Mapolda Jatim, kali ini petugas jaga lebih dioptimalkan.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto di Balai Wartawan Bidhumas Polda Jatim, Rabu (7/12/2022).

“Sistem pengamanan mako dengan melakukan pemeriksaan setiap orang yang masuk ke Mapolda Jatim sudah dilakukan sebelumnya,” ujar Kombes Dirmanto.

Namun, lanjut Kombes Dirmanto mulai hari ini lebih diperketat.

“Hal ini juga menjadi atensi arahan Bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Toni Harmanto agar semua Kantor Polisi Polda Jatim dan jajaran Polda Jatim meningkatkan sistem Pengamanan,” kata Dirmanto.

Langkah itu, menurut Kombes Dirmanto juga tidak hanya dilakukan di Mapolda Jatim, namun juga Polres dan Polsek di seluruh Jawa Timur juga peningkatan penjagaan.

“Semoga Jawa Timur kondusif, tidak ada teror apapun. Dan kami menghimbau masyarakat tetap tenang,” harap Dirmanto.

Diketahui ledakan bom bunuh diri terjadi di Polsek Astanaanyar Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pagi.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengatakan, sebanyak 10 orang merupakan anggota polisi dan satu orang warga sipil yang sedang melintas di sekitar lokasi kejadian. Sedangkan pelaku bom bunuh diri dipastikan tewas di lokasi.

“Ada 11 orang menjadi korban, terdiri 10 anggota Polri dan satu warga sipil. Satu orang anggota Polri meninggal dunia atas nama Aiptu Sofyan,” kata Suntana, Rabu (7/12/2022).

Peristiwa bom bunuh diri itu terjadi sekitar pukul 08.00 WIB saat anggota Polsek Astanaanyar sedang melaksanakan apel pagi.

Pelaku memaksa mendekati anggota polisi yang sedang melaksanakan apel. Kemudian pelaku sempat dihalau masuk oleh beberapa anggota polisi.

“Dan dia mendekat, pelaku tetap berkehendak mendekati anggota, lalu mengacungkan sebuah pisau, tiba-tiba terjadi ledakan,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com