Pemkab Jombang Salurkan Bantuan Uang dan Barang untuk Penyandang Disabilitas

Jombang, Jurnal Jatim – Para penyandang disabilitas di Kabupaten Jombang, Jawa Timur menerima bantuan uang dan berbagai jenis alat bantu dari pemerintah Kabupaten setempat, Sabtu (10/12/2022).

Penyaluran bantuan simbolis itu diserahkan langsung Bupati Jombang Mundjidah Wahab kepada 10 orang penyandang disabilitas di pendopo kabupaten setempat.

Penyerahan bansos yang bertepatan dengan acara pelantikan pengurus Karang Taruna 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur tersebut rangkaian peringatan Hari Disabilitas 3 Desember 2022 lalu.

“Penyerahan simbolis alat bantu ini kepada 10 orang penerima penyandang disabilitas,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jombang, Hari Purnomo, Sabtu (10/12/2022).

Hari Purnomo menjelaskan jika total bansos (bantuan sosial) yang diberikan kepada para penyandang difabel itu beragam. Antara lain terdiri dari bansos uang Rp200.000 untuk 4.246 orang penerima.

“Harapannya bantuan uang itu dapat sedikit meringankan beban kebutuhan teman-teman disabilitas,” ujar Hari Purnomo.

Kemudian bantuan sosial berupa alat bantu disabilitas sebanyak 90 unit yang terdiri dari kursi roda, alat bantu dengar, tongkat sensor untuk tuna netra dan kruk.

Berikutnya adalah bantuan barang sebanyak 25 unit yang terdiri dari mesin jahit, obras, mesin pres cup sealer (penutup) dan lainnya. Bantuan alat produktif ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan usaha kreatif.

“Harapan kami teman-teman disabilitas ini bisa mengawali melakukan usaha ekonomi produktif untuk kehidupan mereka. Bantuan yang disalurkan ini bersumber dari APBD Kabupaten Jombang,” ujarnya.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi para penerima serta dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

“Mudah-mudahan bantuan ini berguna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya para penerimanya,” ujar Mundjidah di sela melihat bantuan barang alat bantu produktif yang ada di Pendopo Kabupaten.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan, Gina mengaku senang menerima banser barang alat produktif berupa mesin jahit. Bantuan itu akan ia pergunakan semaksimal mungkin untuk usaha menjahit di rumah.

“Senang sekali, melalui mesin jahit ini dapat menambah keterampilan serta mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” ujar perempuan berusia 46 tahun ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.