Lantik Pengurus 21 Kecamatan, Ketua Karang Taruna Jombang Minta Segera Turba ke Desa

Jombang, Jurnal Jatim – Karang Taruna Kabupaten Jombang, Jawa Timur meminta pengurus kecamatan Turba (turun ke bawah) ke desa-desa untuk melakukan deteksi serta identifikasi guna mengetahui kondisi Karang Taruna di desa wilayah kerjanya.

“Selanjutnya akan kita lakukan langkah bersama untuk menemukan solusi yang tepat demi kemajuan kita bersama,” kata ketua Karang Taruna Kabupaten Jombang, Junita Erma Zakiyah, Sabtu (10/12/2022).

Hal itu disampaikan oleh perempuan yang akrab disapa Ita dalam sambutannya seusai melantik pengurus Karang Taruna 21 Kecamatan periode 2022-2027 di Pendopo Kabupaten Jombang.

Prosesi pelantikan berjalan khidmat. 21 pengurus Kecamatan yang baris di depan dengan kompak mengikuti pembacaan ikrar dan sumpah jabatan yang dipimpin Junita Erma Zakiyah.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, anggota DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah, sejumlah kepala OPD dan 21 Camat di Jombang.

“Langkah kami selanjutnya membentuk Karang Taruna di tingkat desa,” kata anggota DPRD Kabupaten Jombang ini.

Pada 2023 nanti, Ita memaparkan, salah satu fokus kerjanya selain penataan organisasi, adalah melanjutkan program yang sudah berjalan di tahun ini. “Yakni membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikat produk halal,” papar perempuan asal Kecamatan Diwek, Jombang ini.

Ia menyatakan, dari 21 Kecamatan tercatat ada 10 ketua Karang taruna yang terdaftar sebagai pendamping yang teregister di Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). “Kami berharap Ketua Karang Taruna Kecamatan bisa bantu UMKM di kecamatan masing-masing,” katanya.

Pada bidang olahraga, Ita mengatakan, juga sudah menyiapkan program di 2023 untuk menggali potensi atlet-atlet bola voli yakni menggelar kompetisi bola voli antar Karang taruna Kecamatan dengan memperebutkan piala bupati.

Sesuai visi dibentuknya Karang taruna di tahun 1962, karang taruna adalah partner bagi pemerintah bukan sebaliknya. Ita pun menegaskan karang taruna siap bekerja demi terwujudnya Jombang berkarakter dan berdaya saing.

“Besar harapan kami dengan kepengurusan yang baru ini bisa membangun kerja sama dengan semua stakeholder dengan baik,” kata Ita.

Pada kesempatan itu, Ita juga menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati Jombang yang menerima penghargaan Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha (AKMY) dari Pengurus Nasional Karang Taruna Nasional (PNKT) pada Rabu (30/12/2022) lalu di Surakarta.

Sementara itu, Bupati Mundjidah Wahab menyatakan Karang taruna sebagai Mitra pemerintah harus tanggap dan sigap untuk membantu masyarakat di semua lini, di desa, kecamatan maupun Kabupaten.

“Saya ucapkan selamat kepada Karang taruna Kabupaten Jombang yang telah berupaya untuk memberikan sertifikat halal untuk meningkatkan UMKM,” ujarnya.

Mundjidah juga meminta para pengurus Karang taruna untuk terus meningkatkan potensi dan kompetensi serta membangun koordinasi, komunikasi dan sinergi.

Gak boleh Karang taruna ini berpangku tangan, ada apa apa sendakep (diam saja). Karang taruna tidak seperti itu,” tegasnya.

Ia mengatakan membangun daerah melalui kerja dan karya nyata melalui tatanan pemuda maupun masyarakat yang berkarakter dan berdaya saing sehingga dapat membawa kemajuan bagi daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

“Harus punya inovasi, dan gerakan yang nyata, kerja nyata, kepada semua pemuda tingkat harus bisa mengayomi. Semua itu disatukan di Karang taruna,” ujarnya.

Pada akhir sambutannya, Mundjidah Wahab mengucapkan selamat kepada para pengurus Karang Taruna 21 Kecamatan yang telah dikukuhkan. “Semoga lebih semangat bekerja untuk kemasyarakatan dan bisa menolong sesama,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.