Kolaborasi 22 Komunitas di Jombang Gelar Donor Serentak dan Kibarkan Bendera Raksasa

, Jurnal Jatim -Kolaborasi sebanyak 22 Komunitas di gelar donor serentak dan mengibarkan bendera raksasa hingga gratis, belum lama ini.

Komunitas gabungan tersebut dari karang taruna , anak motor Bold Riders hingga pemain esport dan Fans Club.

Dalam aksis sosial donor, mereka sukses menyumbangkan ratusan kantong darah untuk (Palang Merah Indonesia).

Panitia pelaksana donor darah di Jombang Harris mengatakan dari 22 komunitas ini lokasi donor disebar di 11 titik. Ada yang ditempatkan di balai , ada juga yang di kantor PMI setempat.

Pada tahun ini tema yang diusung adalah kepahlawanan, dalam program Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022.

“Semua komunitas di Jombang kompak ikut donor, karena temanya kepahlawanan mereka juga mengusung simbol-simbol pahlawan, seperti membawa yang panjangnya sampai 90 meter,” ujarnya, Selasa (13/12/2022).

Bendera tersebut dibentangkan kolaborasi dari beberapa desa, seperti Desa Tanjung Wadung, Sumberejo dan Daru Rejo, yang masuk di kecamatan Kabuh dan Plandaan Jombang. Bendera diarak keliling desa dan finish di kantor desa.

“Di lokasi ini bapak-bapak dan ibu-ibu kemudian memberi hormat kepada bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Lalu bersama, setelah itu komunitas bersama warga kemudian donor darah,” katanya.

Komunitas di tempat lain juga melakukan kegiatan yang tidak kalah uniknya, kali ini di Desa Badas Dusun Kewadungan, Jombang para tukang potong menggelar potong gratis. Ada puluhan warga yang ikut program potong rambut gratis itu.

“Anak motor Bold Riders seperti YVCI dan lainnya kemudian Dusun Kayen, Pemuda Ngrandu juga menggelar doa bersama, mereka juga berkunjung ke makam pahlawan dalam rangka memperingati hari pahlawan. Setelah itu mereka menggelar donor darah,” ujarnya.

Komunitas yang ikut aksi kemanusiaan donor darah ini adalah Kopinemok, Sambong Menggilan, Ijen Community, CISC , Suneco, Pemuda Pablo, Arga, Varoe One, Pemuda Kate Mas, Ishari Bakalan, Paguyuban Martabak, Jamaah Istighosah kwadungan.

Kemudian ada juga dari Pemuda Jombatan, Arenga, lalu fans club eropa di Jombang ada Milanisti, kemudian anak motor Bold Riders HSFC, JCRF, CCI, YNCI, YVCI, kemudian paguyuban Pemuda Morosunggingan, dan Jamaah Tahlil Jogomerto.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022.

Totalnya ada sebanyak 750 komunitas lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi. Tahun ini kegiatan sosial itu mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Program itu menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894. Atas raihan itu, Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus.

Yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Lalu kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua Minggu di 15 provinsi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.