Angka Kecelakaan di Jombang Tembus 1.317 Kasus, 219 Nyawa Melayang, Hati-hati!

Jombang, Jurnal Jatim – Angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Jombang Jawa Timur tergolong tinggi. Dari tahun 2021 ke 2022 ini mengalami peningkatan yang tidak sedikit.

Berdasarkan Anev (analisis dan evaluasi) akhir tahun 2022 Polres Jombang, selama tahun 2022 telah terjadi 1.317 kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di kota santri ini.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 219 orang meninggal dunia. Sedangkan luka berat sebanyak 39 dan luka ringan 1.621 orang korban.

“Adapun kerugian materiil mencapai Rp 2,1 miliar,” kata Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat dalam Anev akhir 2022, Kamis (30/12/2022).

Ia menjelaskan, kecelakaan selama 2022 itu mengalami lonjakan hingga 30,27 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2021, jumlah kejadian laka lantas sebanyak 1.011 kali kecelakaan.

Dari jumlah itu, korban meninggal 201 orang. Disebut Nur hidayat, korban meninggal pada 2022 ini meningkat 8,96 persen dibanding tahun lalu.

Insiden kecelakaan itu bukan hanya terjadi di jalan nasional. Tapi juga di jalan provinsi, jalan kabupaten, serta jalan desa. Paling banyak terjadi di jalan kabupaten, yakni 181 kecelakaan.

“Kendaraan yang terlibat laka lantas mulai dari sepeda motor, mobil penumpang, mobil beban atau mobil barang, bus dan kendaraan khusus,” ujar Nurhidayat dihadapan para wartawan.

Beragam faktor yang memengaruhi tingginya angka kecelakaan di kota santri ini. Lengah kurang hati-hati atau tidak konsentrasi, yang dilakukan pengendara maupun pengemudi jadi salah satu penyebab laka lantas.

Kapolres Jombang mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan konsentrasi saat mengendarai atau mengemudi kendaraan. Ia juga berpesan agar selalu mematuhi semua peraturan lalu lintas.

“Tertib berlalulintas dan selalu berhati-hati di Jalan,” ujar alumni akademi Kepolisian tahun 2002 ini.

Nurhidayat menambahkan bahwa Polres Jombang akan terus bekerjasama dengan pihak terkait, berupaya maksimal menekan angka kecelakaan tersebut.

“Kita terus lakukan upaya kerja sama dengan pihak terkait untuk menanggulangi dan menurunkan kasus laka lantas di Jombang. Kami juga bersurat kepada pihak terkait seperti penerangan jalan dan sebagainya,” pungkas perwira dua melati di pundak ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.