Harga Kebutuhan Pokok di Jombang Naik, Bupati Mundjidah Wahab Bilang Begini

Jombang, Jurnal Jatim – Bupati Jombang Mundjidah Wahab telah mengecek langsung harga kebutuhan pokok di pasar tradisional bersama tim pengendalian inflasi pada Rabu (21/12/ 2022) lalu.

Tujuannya mengetahui langsung harga-harga kebutuhan bahan dapur jelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Dalam pengecekannya itu, Bupati Mundjidah Wahab yang berdialog langsung dengan para pedagang mendapati harga kebutuhan pokok naik.

Kendati begitu, orang nomor satu di Jombang Jawa Timur ini menyebut harga masih stabil, dan sejumlah komoditi yang naik pada akhir tahun ini terbilang masih wajar.

“Hasil pantauan saya bersama tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Jombang jelang Nataru ini, ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga namun masih dalam batas yang wajar,” kata Mundjidah Wahab.

Di pasar citra niaga atau pasar legi Jombang, bahan pangan yang harganya terpantau naik antara lain adalah cabai, bawang, dan telur dan sayuran.

Informasi yang didapat, dua hari terakhir, harga bawang putih dibanderol Rp24 ribu dari harga semula Rp10 ribu per kilogram. Sementara untuk harga cabai sekitar Rp35 ribu per kilogram dan wortel Rp24 ribu per kilogram.

Sementara pada Siskaperbapo atau sistem ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok Jawa Timur tingkat konsumen di Kabupaten Jombang sejumlah harganya juga naik.

Harga cabai rawit sebelumnya Rp33.929, kini naik jadi Rp36.096. Kemudian Daging sapi harganya naik 18 persen dari harga sebelumnya Rp114.986 sekarang Rp115.188.

“Secara keseluruhan harga bahan pokok, sayur mayur masih stabil. Stok kebutuhan bahan pokok aman. Yang tidak stabil harga cabai, bawang dan telur,” ujar Mundjidah yang memantau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Citra Niaga (PCN) Jombang.

Mundjidah Wahab menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Jombang akan terus memantau perkembangan pasar untuk memastikan stok kebutuhan pokok tersedia.

“Dan harga (saat ini) masih dalam batas wajar,” tegas Bu Mundjidah mengulanginya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.