Kunjungi Tebuireng Jombang, Presiden PKS Ziarah Makam KH Hasyim Asyari dan Gus Dur

Jombang, Jurnal -Presiden PKS Ahmad Syaikhu berkunjung ke Pesantren Tebuireng Jombang. Dalam kesempatan itu, Syaikhu bersama rombongan juga ke makam pendiri NU KH Hasyim Asyari dan Presiden ke-4 atau .

Rombongan PKS (Partai Keadilan Sejahtera) disambut langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, Minggu (27/11/2022). Mereka kemudian beramah-tamah dan berdialog di Ndalem Kasepuhan.

 

Ahmad Syaikhu mengungkapkan kedatangan rombongan PKS ke Pesantren Tebuireng Jombang adalah untuk menjalin silaturahim dengan para alim ulama, sesepuh dan tokoh pondok pesantren.

“Kami sekaligus memohon doa dan nasihat agar kami bisa diberi kekuatan dan konsistensi yang senantiasa berikhtiar memperbaiki tatanan negeri ini,” ujarnya.

Menurut Syaikhu, membangun Indonesia tidak bisa sendirian, perlu kebersamaan dan arahan para alim ulama, tokoh sepuh khususnya ulama dari Ponpes Tebu Ireng.

“Tebuireng ini poros penggerak peradaban di Indonesia. Kita semua tahu resolusi jihad dikeluarkan oleh ,” ujarnya.

Saikhu menyebut bahwa PKS masih banyak kelemahan di sana-sini. Karenanya dirinya ingin bersama-sama dengan banyak elemen bangsa mewujudkan berbagai kebaikan untuk negeri Indonesia.

Dari Ndalem Kasepuhan, Saikhu melakukan ziarah ke makam pendiri NU Hadratussekh KH Hasyim Asyari, Gus Dur dan makam KH Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah yang berada di Kompleks Pesantren Tebuireng Jombang.

Di makam ulama bangsa itu, rombongan PKS melakukan tahlil bersama yang dipimpin oleh Gus Mirza. Setelahnya, Ahmad Syaikhu yang ditemani Ketua DPW PKS , Irwan Setiawan melakukan .

“Ketiganya adalah ulama pejuang yang punya jasa besar terhadap NKRI. Kami ingin meneladani beliau-beliau itu,” ucap Syaikhu.

Menurutnya, dengan melakukan ziarah ke ulama dan tokoh bangsa memberikan semangat perjuangan tersendiri. “Mohon doanya agar PKS tetap istikamah dan konsisten,” tegasnya.

Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menambahkan ziarah ke makam para ulama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pengurus PKS.

“Tahun ini, pengurus PKS Jatim ziarah wali lima, sebelumnya, kami melakukan ziarah ke makam Syaikhona Cholil Bangkalan. Bagi kami ziarah makam para ulama memberi spirit tersendiri,” ujar Irwan.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Tebuireng Gus Kikin dalam sambutannya berharap kedatangan PKS ke Tebuireng bisa membawa manfaat dan diridai Allah subhanahu wa ta'ala.

“Kami ini melanjutkan perjuangan KH Hasyim Asyari. Beliau selalu menekankan dua hal, yaitu menjaga keilmuan dan silaturahim. Kedatangan PKS saat ini cocok dengan pesan beliau,” ujarnya.

Menurut Gus Kikin, nasib bangsa Indonesia harus menjadi PR ( Rumah) yang harus dipikirkan bersama.

“Silaturahim ini, dalam rangka menyamakan langkah bersama untuk bangsa Kebersamaan ini harus ada tindak lanjutnya, dalam rangka berbuat yang terbaik untuk Indonesia,” ujar Gus Kikin.

Dapatkan update berita menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com