Hari Pahlawan 2022, Polisi di Jember Layani Masyarakat Berkostum Pejuang

Jember, Jurnal Jatim – Pelayanan Satlantas dan Samsat di Kabupaten Jember pada Kamis (10/11/2022) beda dari hari biasanya. Petugas mengenakan pakaian ala pejuang pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sedang mengurus SIM, STNK maupun BPKB.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember AKP. Enggar Laufria mengungkapkan pakaian ala pejuang yang dikenakan polisi bagian pelayanan, sebagai bentuk untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

“Dalam rangka memperingati hari pahlawan, sekaligus wujud menghormati jasa-jasanya, kami memerintahkan anggota yang bertugas di bagian pelayanan kepada masyarakat yang mengurus SIM, STNK dan BPKB untuk mengenakan pakaian ala pejuang,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, tujuan mengenakan pakaian ala pejuang itu agar masyarakat bisa merasakan nuansa perjuangan para pahlawan dan tidak melupakan jasa-jasanya, serta sebagai wujud untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

“Jadi tidak sekedar berpakaian ala pejuang, petugas di bagian pelayanan juga mengajak masyarakat untuk berinteraksi dengan menceritakan bagaimana perngorbanan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara kita,” kata dia.

Lebih lanjut Enggar juga mengimbau agar masyarakat, mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan para pahlawan dengan hal-hal yang positif, untuk ikut membangun negeri.

Sejatinya, kata Enggar membangun negeri tidak harus diisi dengan pembangunan saja, tapi dengan akhlak dan perilaku sehari-hari dengan mencerminkan budaya timur, bagian dari membangun negeri.

“Kami mengajak masyarakat khususnya di Kabupaten Jember untuk senantiasa mengisi kemerdekaan ini dengan perilaku yang positif yang bisa mencerminkan budaya adat ketimuran yang menjadi ciri khas Negara Indonesia,” kata Enggar memungkasi.

Sebagaimana diketahui, setiap 10 November masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan tersebut berkaitan dengan adanya pertempuran besar yang terjadi di Surabaya antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris pada 10 November 1945. Ini menjadi salah satu pertempuran terbesar setelah Proklamasi.

Adapun untuk tema Hari Pahlawan tahun 2022 adalah “Pahlawanku Teladanku” yang bermakna teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat di peringatan Hari Pahlawan tahun ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.