Pendaftaran Pemilihan Duta Wisata Kangmas Mbakyu Nganjuk 2022 Dibuka

Pendaftaran Pemilihan Duta Wisata Kangmas Mbakyu Nganjuk 2022 Dibuka
Kangmas Mbakyu Nganjuk. [Istimewa]

Nganjuk, Jurnal Jatim – Pendaftaran pemilihan Kangmas Mbakyu Nganjuk 2022 sebagai Duta Wisata daerah setempat telah dibuka oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Eka Fahrudin Irianto menyatakan pemilihan Kangmas Mbakyu merupakan ajang pencarian putra-putri terbaik sebagai duta (representative) dalam mempromosikan wisata yang ada di kabupaten setempat.

Pencarian Duta Wisata Kangmas Mbakyu juga sebagai ajang bagi generasi muda Kota Angin dalam menggali potensi diri, menambah wawasan, dan memiliki dedikasi tinggi untuk dapat berperan langsung dalam memajukan pariwisata Kabupaten Nganjuk.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk memberikan ruang bagi generasi muda kita, yaitu untuk ikut memajukan Kabupaten Nganjuk melalui ajang pemilihan Kangmas Mbakyu duta wisata Nganjuk,” kata Eka, Kamis (6/10/2022).

Eka mengemukakan, pendaftaran pemilihan duta wisata Kangmas Mbakyu telah dibuka mulai 26 September sampai 22 Oktober 2022 mendatang.

“Mereka dapat mendaftarkan diri langsung ke Kantor Disporabudpar Nganjuk Bidang Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Balai Budaya Pu Sendok,” katanya.

Dikatakan Eka, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi bagi putra putri daerah yang ingin mendaftar sebagai Kangmas Mbakyu Nganjuk di tahun ini.

Di antaranya berusia dalam rentang 17-24 tahun bagi laki-laki/perempuan, memiliki tinggi badan minimal 165 centimeter bagi Kangmas dan Mbakyu minimal 160 centimeter.

“Berat badan ideal. Melampirkan foto seluruh badan (office look) ukuran postcard 2 pose masing-masing 1 lembar. Dan pas poto berwarna ukuran 4×6, masing-masing 2 lembar,” jelas Eka.

Kemudian, syarat selanjutnya adalah calon Kangmas Mbakyu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, menarik, berbakat, dinamis, dan kreatif.

“Serta menyukai kepariwisataan dan mampu berorganisasi,” tambahnya

Eka mengajak generasi muda Nganjuk agar ikut dan segera mendaftarkan diri di Kantor Disporabudpar untuk mengisi syarat adminitrasi atau formulir pendaftaran. Eka menyebut salah satu tugas mereka nantinya adalah mempromosikan budaya dan wisata Nganjuk.

“Sertifikat/piagam penghargaan bisa juga dilampirkan. Mampu berbahasa inggris dan bahasa lainnya menjadi nilai tambah atau plus. Silahkan datang ke Kantor untuk informasi selebihnya,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com