Longsor di Pacitan, Jalur Wonokarto-Ponorogo Sudah Dapat Dilalui Kendaraan

Pacitan, Jurnal Jatim – Jalur utama menjadi penghubung Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirejo Pacitan menuju Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur yang sempat terputus akibat longsor kini sudah dapat dilalui kendaraan, Minggu (9/10/2022).

Seperti diketahui, hujan yang mengguyur di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Pacitan pada Sabtu (8/10/2022) siang telah mengakibatkan bencana alam berupa tanah longsor di beberapa wilayah seperti terjadi di Kecamatan Tulakan.

Jalur utama Wonokarto menuju Kabupaten Ponorogo sempat terputus. Akibat peristiwa tersebut kendaraan yang akan melintas jalur tersebut terhambat baik roda dua maupun roda enam.

Bhabinkamtibmas Wonokarto Latip Utomo mengatakan kejadian longsor yang menutup jalan penghubung antar Kabupaten itu tidak berlangsung lama dan pada sore hari sudah dapat dilalui kendaraan serta lalulintas lancar.

Ia mengemukakan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, camat, aparat desa, dibantu warga selama 1,5 jam membuka longsoran material yang menutup jalan raya menggunakan alat berat yang didatangkan dari daerah perbatasan kecamatan Mrayun kabupaten ponorogo.

“Jalur Wonokarto-Ponorogo kemaren sore sudah dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda enam dengan mendatangkan alat berat dari wilayah kecamatan Mrayun Kabupaten Ponorogo dari waktu yang kami targetkan 3 jam namun hanya dengan 1,5 jam pembersihan material longsor sudah selesai” kata Latip Utomo.

Menurut Latip, pada Minggu ini (9/10/2022) warga sekitar lokasi longsor akan kerja bakti membersihkan sisa-sisa material lumpur di jalan agar bersih dan tidak membahayakan pengguna jalan yang akan melintas.

“Hari minggu ini kami bersama warga akan kerja bakti membersihkan sisa lumpur yang ada dijalan, agar lalulintas lancar dan tidak membahayakan pengguna jalan,” pungkas Latip Utomo.

Kendati lalulintas sudah lancar, namun para pengguna jalan diminta untuk tetap berhati-hati saat melintas di jalur itu, terutama saat terjadi hujan.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com