Bupati Jombang Buka Gebyar Pesta Baca dan Lomba Dongeng Anak-anak

Jombang, Jurnal Jatim – Gebyar Pesta Baca 2022 diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jombang, dan didukung oleh PT. Gramedia, pada Kamis (6/10/2022) hingga Sabtu (8/10/2022) diapresiasi positif oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

“Saya sampaikan apresiasi luar biasa kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang, karena di hari jadi Kabupaten Jombang ke 112 dapat menjalankan even Gebyar Pesta Baca” dan Lomba Dongeng Tingkat SD/MI se Kabupaten Jombang bagi seluruh masyarakat Jombang selama 3 hari berturut-turut,” kata Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati berharap kegiatan seperti itu tidak hanya dilombakan setahun sekali. Tetapi disekolah-sekolah juga lebih sering dilakukan bahkan di luar Kecamatan Jombang.

Menurutnya, melalui kegiatan yang digelar di Gedung Perpustakaan Daerah “Mastrip “ Kabupaten Jombang ini diharapkan dapat mengembangkan potensi generasi muda meningkatkan minat baca, meningkatkan budaya literasi di semua sektor kehidupan.

“Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh warga di Jombang untuk terus meningkatkan potensi diri melalui budaya membaca, salah satunya ikut hadir dalam bazar buku yang ada di perpustakaan Mastrip Jombang ini hingga 8 Oktober,” ajak Bupati Mundjidah Wahab yang hadir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Wiwin Sumrambah dan Ketua DWP Kabupaten Jombang, Lilik Agus Purnomo.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan lomba mendongeng yang merupakan satu pilihan tepat untuk anak mampu berliterasi, bertutur dengan lugas serta dapat menyampaikan kepada khalayak akan cerita yang didongengkan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang, Suwignyo mengatakan melalui lomba mendongeng akan mampu merubah karakter anak untuk menjadi lebih baik dan berpikir positif.

“Dinas perpustakaan dan kearsipan saat ini juga sedang galak-galaknya meningkatkan fungsi pengawasan arsip, sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Jombang sadar tertib arsip, ditambah lagi dengan persiapan pelaksanaan aplikasi Srikandi, yang telah memasuki fase pelayanan menuju online”, ujarnya.

Untuk itu, dia melanjutkan, kepada seluruh OPD diharapkan agar benar-benar serius dalam pelaksanaan pengadministrasian tata kelola kearsipan melalui aplikasi Srikandi (aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis ter-integrasi).

“Marilah bersama kita mewujudkan masyarakat Jombang yang berkarakter, cerdas, kreatif, inovatif, kritis, dan produktif serta mampu bersaing di masa kini dan masa yang akan datang, sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Jombang, dalam mewujudkan Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing,” pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa inovasi yang telah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan seperti rumah pelita (rumah pembangunan literasi informasi untuk kita), pewaris smart (peningkatan wawasan berbasis inklusi sosial bagi masyarakat), pertalites (perpustakaan tanggap literasi siswa), e- pusda (perpustakaan digital) dan beberapa lagi yang lainnya.

Adapun menjadi juara pada Lomba Dongeng Tingkat SD/MI se Kabupaten Jombang di antaranya Juara 1 diraih oleh Muhammad Dzahiaulhaq Azhar Afifandi dari SD Islam Makarimul Akhlaq; Juara 2 diraih oleh Dinda Ajeng Larasati dari SDN Madiopuro dan Juara 3 diraih oleh Ayesha Calluella Luthfi dari SD Islam Roushon Fikr.

Juara Harapan 1 diraih oleh Anastasia Ahza Zuhdi dari SDN Jombatan; Juara Harapan 2 diraih oleh Abdulloh Hisyam dari MI Thoyib Hidayat Pojok Puton dan Juara Harapan 3 diraih oleh Septiya Eka Putri Az-Zahra dari SDN 2 Kesamben.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com