120 Orang Perwakilan Nganjuk Ikuti Jelajah Santri VII di Bojonegoro

Nganjuk, Jurnal Jatim – Sejumlah 120 orang peserta delegasi Satuan Komunitas (Sakom) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama Kabupaten Nganjuk mengikuti Jelajah Santri VII di Bojonegoro, Sabtu (15/10/2022).

Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Yasin menyampaikan agar peserta memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan yang telah diberikan.

“Gunakan untuk meningkatkan kemampuan kalian, mencari tahu apa yang belum diketahui untuk menjadi tahu. Dengan bermain dan belajar, belajar dan bermain,” ujarnya.

Yasin juga menyampaikan rasa bangganya dengan adanya agenda tahunan itu. Melalui Jelajah Santri ini diharapkan dapat menjadi wadah anak-anak dalam mendewasakan diri, menggali potensi yang mereka miliki.

“Kalian harus bersyukur dan bangga mendapat amanah dan kepercayaan untuk mewakili Kabupaten Nganjuk. Lakukan dengan sungguh-sungguh. Jangan disia-siakan. Hargailah waktu karena kesempatan kalian tidak akan terulang,” pesan Yasin kepada peserta sebelum berangkat, Jumat (13/10/2022) lalu.

Yasin menambahkan dirinya berterimakasih kepada para pembina yang telah sabar dalam membimbing anak-anak (Pramuka). “Semoga ini menjadi amal jariyah kakak-kakak semuanya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Sako LP Ma’arif NU Kabupaten Nganjuk Evayani mengatakan Jelajah Santri VII Jawa Timur diikuti oleh perwakilan Pramuka penggalang tingkat SD/MI dan SMP/MTs dibawah naungan LP Ma’arif NU di Jawa Timur.

“Untuk Kabupaten Nganjuk mengirimkan 120 Peserta yang telah terpilih dari ribuan siswa di Lingkungan LP Ma’arif Kabupaten Nganjuk,” ujarnya.

Kemudian, para peserta didampingi oleh 30 pembina pramuka pilihan yang sebelumnya juga telah memberikan bimbingan selama satu bulan penuh kepada para peserta ini.

“Harapan kami Kontingen dari Kabupaten Nganjuk bisa membawa nama baik Nganjuk dan bisa mendapat Juara umum,” tandasnya.

Ditambahkan, Sekertaris Sakom LP Ma’arif NU M.Prasetyo, melalui Jelajah Santri ini diharapkan dapat membentuk Penggalang yang kuat, berkarakter dan berwawasan kebangsaan yang berahlusunnah waljamaah.

“Dan mampu memberikan kontribusi terbaik untuk negeri, khusunya bagi Kabupaten Nganjuk tercinta ini. Selamat untuk adik-adik yang terpilih. Terus semangat dan jangan lelah untuk belajar mencari ilmu dan pengetahuan baru,” tandasnya.

Diketahui, Jelajah Santri VII Satkom Pramuka NU Jatim yang digelar Alun-Alun Bojonegoro dibuka Bupati Ana Mu’awanah pada Sabtu (15/10/2022).

Adapun jumlah peserta MI putra sejumlah 155 regu, peserta MI putri sejumlah 158 regu, peserta MTs putra sejumlah 90 regu, peserta MTs sejumlah 110 regu.

Jumlah seluruh peserta sebanyak 513 regu dengan total jumlah peserta 4.104 anak, pembina pendamping 513 orang, dan panitia 160 orang dari 26 kabupaten se-Jawa Timur.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com