oleh

Kerajinan Kuningan di Jombang, Ragam Bentuk Binatang Tembus Pasar Korea

Jombang, Jurnal Jatim – Seni kerajinan dari bahan logam kuningan buatan para perajin di Kabupaten Jombang, Jawa Timur ternyata diminati konsumen sampai ke mancanegara, Korea.

Tidak hanya untuk kebutuhan pasar dalam negeri yaitu daerah Bali, kerajinan itu juga diminati oleh konsumen asal Negeri Ginseng.

Tempat kerajinan kuningan itu tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Lokasinya di Dusun Sanan Selatan, Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Berjarak sekitar 50 Meter dari jalur utama provinsi lintas Jombang – Surabaya. Di sana, cukup banyak perajin, termasuk salah satunya tempat kerajinan kuningan milik Sri Lestari (52).

Kerajinan Kuningan di Jombang, Ragam Bentuk Binatang Tembus Pasar Korea

Lokasi produksi kuningan menyatu dengan rumah yang sekaligus menjadi tempat memajang aneka produk kuningan. Ditemui Jurnaljatim.com di tempatnya, Sri Lestari bercerita memulai usaha sejak tahun 1990.

Setiap produk hasil dari para perajin melalui tahap percetakan dengan menggunakan lilin yang dilanjutkan dengan pengecoran bahan kuningan, pengelasan dan finishing.

“Kebanyakan binatang, kalau di sini khusus bentuk binatang,” kata Sri Lestari saat menjaga tempat jualan, Jumat (23/9/2022).

Terkait banyaknya barang yang dihasilkan di tempat usahanya, Sri panggilan akrab Sri Lestari mengaku disesuaikan dengan pesanan para konsumen.

Sri berkata, selama ini kerajinan kuningan dari bengkel tempat usahanya dipesan oleh pasar domestik maupun luar negeri. Yakni, Negara Korea.

“Pesanan ke Bali, ada juga pesanan Korea,” ungkap perempuan berambut putih itu.

Ketika Pandemi COVID-19 melanda dan ada pembatasan aktivitas, Sri mengaku usaha rintisan keluarganya itu sempat terdampak. Usahanya beruntung bisa bertahan, sebab tidak sedikit pengusaha barang kuningan di daerah sekitar yang tutup alias gulung tikar.

Pantauan di lokasi, aneka patung dari bahan baku kuningan terpampang dalam ruangan yang didominasi dinding dan etalase kaca. Mengenai ukuran, beragam, mulai bentuk patung besar serupa dengan ukuran asli binatang sampai ukuran mini.

“Kalau harga mulai Rp100 ribu, ada juga harga Rp35 juta,” ujar perajin kuningan asal Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com