oleh

Coba Yuk Sambelan Pinggir Kali Brantas di Jombang, Rasanya Bikin Nagih

Jombang, Jurnal Jatim – Pecinta kuliner yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan, bisa mencoba menu sambalan berikut ini. Sajian sambal cita rasa sesuai selera dipadukan dengan aneka lauk, sesuai pesanan.

Di warung Sambal Cak Mail di Dusun Ponen, Desa Pulogedang, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, pecinta kuliner bisa memesan Sambal dipadukan dengan aneka lauk.

Ada ayam, bebek, telur, belut dan pastinya aneka lauk ikan, di antaranya ikan wader, lele, nila, gabus dan gurame.

Cara penyajian terkesan unik. Sambal berbahan baku tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, serta bumbu lainnya disuguhkan dalam wadah piring tanah liat.

Bersanding dengan lauk segar yang baru saja digoreng, dan sayur lalapan. Tentu saja tidak ketinggalan satu piring nasi terpisah dari lauk, sambal dan sayur.

Untuk menambah kenikmatan makan, ada beragam pilihan menu minuman, baik dingin maupun minuman panas.

Pemilik warung, Mariani (34) merintis usaha kuliner sambalan sudah sejak 5 tahun yang lalu bersama sang suami Mail.

Berawal dari profesi sang suami mencari ikan di sungai Brantas, lantas menjual hasil tangkapan ke pasar. Kala tangkapan ikan banyak, bingung menjual, muncul ide untuk membuat warung makan sambalan.

“Dari situ ide membuat warung muncul, akhirnya dibuatlah warung sambalan ini dan alhamdulillah sampai sekarang,” katanya, Minggu (18/9/2022).

Lokasi berjualan di depan rumahnya, kurang lebih 50 meter dari sungai Brantas dan persis menghadap anakan sungai. Lokasi yang agak masuk kedalam jauh dari keramaian, bikin nyaman untuk menikmati hidangan.

Mariani juga memastikan penyajian lauk pauk dibuat fresh, sesuai pesanan dengan menjaga kwalitas rasa. Mulai dari sayur lalapan, serta ikan yang masih segar dan langsung di olah sehingga rasa menjadi nikmat. Untuk satu porsi makan dibanderol kisaran harga Rp14 ribu hingga Rp30 ribu.

“Tergantung jenis ikannya, paling murah ikan wader dan paling mahal gurami, kakap,” katanya.

Sementara itu, Ayu Tria Oktaviana (34) salah satu pembeli mengatakan ia kerap mengajak keluarga makan bersama di warung Cak Mail. Hal itu dilakukan karena lebih praktis dan lokasi warung tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Makan Sambelan wader yang sering kami pesan, gak jauh dari rumah,” kata Ayu sembari menceritakan lokasi lain kuliner Sambelan.

Selain Sambelan Cak Mail ada juga warung Sambelan pojok kampung. Lokasi tidak jauh dari warung Cak mail. Menu sama, tapi nasi bisa ambil sepuasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com