oleh

Keseruan Lomba Tangkap Belut di Balongsari Jombang Bikin Ngakak

Jombang, Jurnal Jatim – Anak-anak hingga orang dewasa meramaikan lomba agustusan yang digelar di Dusun Balongsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (27/8/2022) malam.

Berbagai perlombaan digelar untuk mengisi hari kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun 2022. Di antaranya lomba tangkap belut di gelanggang arena yang diikuti anak-anak.

Semua anak-anak dan masyarakat sangat bersuka cita mengikutinya. Kegembiraan masyarakat Dusun Balongsari terpancar dari senyum mereka semua dalam mengikuti perlombaan tradisional tersebut.

Ketua Rukun Tetangga 003 Dusun Balongsari, Busari, mengatakan lomba itu dilaksanakan untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik yang ke 77.

Ada bermacam lomba yang dilakukan untuk memberikan semangat kepada anak-anak dan masyarakat sekitar.

“Lomba tangkap belut, makan kue diwajah, kait kawat, ada juga tangkap bebek,”ujar Cak Bes sapaan akrabnya kepada Jurnaljatim.com di sela perlombaan, Sabtu (27/8/2022) malam.

Perlombaan dilaksanakan selama dua hari. Besok Minggu (28/8/2022) seharian penuh akan digelar perlombaan untuk anak-anak. Kemudian malamnya ada panggung gembira.

Ia memastikan semua kegiatan perlombaan yang telah direncanakan akan berlangsung seru. Terlebih, sudah dua tahun kegiatan perlombaan tujuhbelasan di kampung itu terpaksa ditiadakan akibat pandemi.

“Sebelumnya kami prihatin karena bencana COVID-19 selama dua tahun kemarin. Corona gak ada kegiatan, baru tahun ini bisa agenda lomba,” ujarnya.

Bersamaan Mudayatun (62), warga setempat mengaku senang sekali acara ramai. Selain anak-anak, lomba juga diikuti oleh emak-emak warga lingkungan sekitar.

“Anak dan ibu-ibu ikut lomba, tadi juga ada lomba nyunggi tampah, dan tahan tawa juga. Serunya, yang menang dan kalah sama-sama dapat hadiah,” kata mantan kader Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Megaluh itu.

Keseruan perayaan mengisi kemerdekaan dengan berbagai perlombaan itu harapannya bisa tetap terlaksana pada tahun berikutnya. Dengan tentu saja kegiatan perlombaan tetap ada nuansa keseruan, olahraga maupun pendidikan untuk generasi muda.

“Sumbangan dari warga Balongsari semua, dipikul bersama-sama,” pungkas salah tokoh masyarakat tersebut.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.