oleh

KAI Daop 7 Madiun Bersama Railfans Hias Lokomotif Nuansa Kemerdekaan

Madiun, Jurnal Jatim – Komunitas pecinta Kereta Api (railfans) lingkup Madiun atau Pecel +63 mencuci dan hias lokomotif dengan nuansa kemerdekaan di Dipo Lokomotif Madiun, Jawa Timur pada Rabu (14/8/2022).

Dikatakan Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mencuci dan hias lokomotif itu merupakan wujud semangat PT KAI yang berkolaborasi dengan Komunitas Pencinta kereta api dalam memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Hari ini kami melakukan cuci dan menghias lokomotif dengan memberikan nuansa serta semangat perjuangan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun,” kata Ixfan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/8/2022).

Ia mengemukakan para peserta dari Railfans Pecel +63 yang menjadi peserta mulai dari usia tua hingga muda. Komunitas itu cukup semangat mencuci dan menghias lokomotif di bulan kemerdekaan ini.

“Ini sekaligus merupakan bukti kecintaan mereka terhadap ranah perkeretaapian dan Negara,“ kata Ixfan menjelaskan.

Selama aktivitas berlangsung, lanjut Ixfan, para penggemar kereta api tersebut dibekali perlengkapan keamanan, seperti helm dan rompi safety serta diawasi langsung para petugas yang kompeten guna memastikan keselamatan selama beraktivitas.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat membangun kecintaan generasi muda terhadap transportasi kereta api (KA) dan menghargai para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Ixfan menambahkan, kolaborasi antara PT KAI Daop 7 Madiun, Jawa Timur dengan Komunitas Pecel +63 sudah sering dilakukan, mulai dari sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang, hingga bantuan informasi Posko Angkutan Lebaran dan Natal Tahun Baru di Stasiun Besar Madiun.

“Kedepannya, kolaborasi antara PT KAI Daop 7 Madiun dengan Komunitas Pecel +63 akan terus dilakukan untuk melakukan kegiatan serupa bahkan kegiatan – kegiatan lainnya yang bersifat positif,” tandasnya.

Untuk diketahui, Railfans merupakan salah satu perkumpulan atau pecinta kereta api yang ada di Indonesia dan sudah ada sejak perusahaan kereta api di Indonesia yang namanya Perumka.

Railfans atau pecinta kereta ini menyukai semua hal tentang kereta api. Kecintaannya terhadap kereta api timbul sejalan dengan berjalannya waktu serta tidak sistematis.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh railfans di Indonesia salah satunya yaitu gathering serta hunting foto kereta. PT KAI (Kereta Api Indonesia) sering mengundang Railfans ketika kegiatan atau event event tertentu.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.